Kriteria Pemimpin pada Zaman Talut (Studi Tafsir al-Manar Karya Muhammad Abduh dan Rashid Rida)

Komarudin, Hanif (2024) Kriteria Pemimpin pada Zaman Talut (Studi Tafsir al-Manar Karya Muhammad Abduh dan Rashid Rida). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320110_Cover.pdf

Download (210kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Bab I.pdf

Download (363kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (403kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Bab V.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_IAT_191320110_Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstrak

Dalam Al-Qur’an, pentingnya pemimpin atau kepemimpinan ditekankan sebagai bagian yang khusus dalam suatu masyarakat, khususnya dalam konteks kepemimpinan yang adil, bijaksana, dan bertanggung jawab. Pemimpin yang dipilih memegang kendali untuk membimbing, menginspirasi, dan mengambil keputusan penting yang akan memengaruhi hidup banyak orang, maka dari itu pemilihan pemimpin harus dijalankan dengan baik dengan tujuan terpilihnya pemimpin yang baik pula. Pemilihan pemimpin pada masa terdahulu dapat menjadi cerminan bagi pemilihan di masa sekarang dan masa selanjutnya, dan salah satu contoh dalam pemilihan pemimpin yang ada di dalam Al-Qur’an adalah pemilihan pemimpin pada masa Ṭālūt yang merupakan sebuah peristiwa penting dalam sejarah yang mencerminkan proses pemilihan pemimpin yang didalamnya terdapat hikmah dan pelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1. Bagamana keriteria pemimpin dalam Al-Qur’an? 2. Bagaimana kriteria pemimpin pada zaman Ṭālūt? 3. Bagaimana penafsiran Muḥammad ‘Abduh dan Rashīd Riḍā dalam Tafsīr al-Manār terhadap kriteria pemimpin pada zaman Ṭālūt ? Berdasarkan tiga rumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana kriteria pemimpin dalam Al-Qur’an, 2. Untuk mengetahui bagaimana kriteria pemimpin pada zaman Ṭālūt, 3. Untuk mengetahui bagaimana penafsiran Muḥammad ‘Abduh dan Rashīd Riḍā dalam Tafsīr al-Manār terhadap pemilihan pemimpin pada zaman Ṭālūt. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), metode ini mencari dan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan dan sesuai, dan dalam metode ini terdiri dari data Primer yang meneliti kitab Tafsīr al-Manār karya Muḥammad ‘Abduh dan Rashīd Riḍā, dan juga memuat sumber sekunder yang berupa buku-buku, skripsi, artikel, jurnal dan yang berkaitan atas tema yang dibahas. Penelitian ini membahas seputar kepemimpinan, pemilihan pemimpin dan kriteria dalam memilih pemimpin, dan mengkaji lebih dalam mengenai pemilihan pemimpin pada masa Ṭālūt yang dibahas lebih lanjut menggunakan Tafsīr al-Manār Karya Muḥammad ‘Abduh dan Rashīd Riḍā. Tafsīr al-Manār merupakan contoh tafsir sosial yang mencerminkan semangat reformis yang berkembang dalam dunia Islam pada masa itu. Tafsir ini berusaha untuk membawa pemahaman Al-Qur’an ke dalam konteks sosial, politik, dan ekonomi yang berkembang pada masa itu, serta merespons kepada tantangan zaman modern.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pemilihan pemimpin, talut, tafsir al-Manar
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Jul 2024 08:39
Perubahan Terakhir: 19 Jul 2024 08:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14918

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.