Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Tahunan Kebun Jagung Gunung Curi (Studi di Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak)

Padilah, Iman (2024) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Tahunan Kebun Jagung Gunung Curi (Studi di Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530060_Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Bab I.pdf

Download (725kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (564kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (154kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Bab V.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_PMI_201530060_Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstrak

Wisata tahunan kebun jagung Gunung Curi ini merupakan salah satu bentuk dari adanya upaya masyarakat memanfaatkan potensi yang ada. Masyarakat bisa memanfaatkan lahan perusahaan yang tidak terpakai sebelumnya menjadi lahan untuk menanam jagung serta membangun warung-warung untuk berjualan. Penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai hal tersebut. Maka judul penelitian ini: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Tahunan Kebun Jagung Gunung Curi (studi di Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah). Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata tahunan kebun jagung Gunung Curi. 2) Untuk mendeskripsikan dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata tahunan kebun jagung Gunung Curi. 3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata tahunan kebun jagung Gunung Curi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana proses dan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini dilakukan muai bulan November 2023-Desember 2023. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Kegiatan pemberdayaan pada wisata tahunan kebun jagung Gunung curi ini adalah: pertama, menanam jagung, kedua, mendirikan warung, ketiga, menjual hasil bumi lain, dan keempat, tasyakuran bersama. 2) Dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya wisata tahunan ini yaitu: pertama, pendapatan masyarakat bertambah, kedua, adanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, dan ketiga, meningkatkan promosi daerah serta meningkatkan popularitas desa. 3) Faktor pendukung dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata tahunan kebun jagung gunung curi yaitu adanya dukungan dari pihak perusahaan PT Siam Cement Group (PT SCG), adanya dukungan dari pihak pemerintahan Desa Bayah Timur, daya tarik alam yang sangat mendukung, jagung yang segar, dan adanya dukungan partisipasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jauh dari sumber mata air, lahan yang digunakan merupakan lahan mili PT Siam Cement Group (PT SCG), dan tidak adanya fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pemberdayaan, pemberdayaan ekonomi, wisata
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2024 07:11
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14900

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.