Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keungan Terhadap Return Saham yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Patmawati, Empat (2024) Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keungan Terhadap Return Saham yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420137_Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Lampiran Depan.pdf

Download (482kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Bab I.pdf

Download (456kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (527kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Bab V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PBS_191420137_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Return saham adalah hasil yang didapatkan dari investasi yang dilakukan oleh para investor. Dalam melakukan investasi, investor cenderung lebih menyukai perusahaan yang dapat memberikan return yang lebih tinggi dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Nilai return saham dapat dihitung dengan kinerja keuangan melalui rasio keuangan. Analisis rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROE, CR dan DER. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pengaruh ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI? 2) Bagaimana pengaruh ROE terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI? 3) Bagaimana pengaruh CR terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI? 4) Bagaimana pengaruh DER terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI? 5) Bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, ROE, CR, dan DER terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI?. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh ROE terhadap return saham yang terdaftar di ISSI. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh CR terhadap return saham yang terdaftar di ISSI. 4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh DER terhadap return saham yang terdaftar di ISSI. 5) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, ROE, CR dan DER terhadap return saham yang terdaftar di ISSI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan berupa data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di ISSI periode penelitian 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 81 data. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas), uji hipotesis (uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi) serta analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t secara parsial variabel Ukuran Perusahaan dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI. Sedangkan berdasarkan uji t secara parsial variabel Return on Equity (ROE) dan Current Ratio (CR) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI. Adapun berdasarkan uji f secara simultan variabel Ukuran Perusahaan, Return on equity (ROE), Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki prngaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di ISSI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): ukuran perusahaan, return on equity, current ratio, debt to equity ratio, return saham
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.6 Investasi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2024 03:06
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.