Analisis Akurasi Arah Kiblat Masjid-masjid di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang dengan Metode Rashdul Kiblat Harian (Studi Kasus Masjid-masjid yang Ada di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang-Banten)

Estivania, Sri (2024) Analisis Akurasi Arah Kiblat Masjid-masjid di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang dengan Metode Rashdul Kiblat Harian (Studi Kasus Masjid-masjid yang Ada di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
Sri_HKI_201110065_COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
Sri_HKI_201110065_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Rashdul kiblat adalah salah satu metode untuk menentukan arah kiblat dengan cara mengamati keberadaan matahari saat berada di zenit Ka’bah. Keunggulan dari metode ini adalah praktiknya yang mudah dilakukan oleh siapapun dan hasil dari pada metode ini akurat, dengan syarat data yang digunakan akurat dan alat yang digunakan serta penandaan waktu yang tepat. Ketika shalat umat muslim diharuskan menghadap kiblat, karena menghadap kiblat merupakan syarat sahnya shalat. Kiblat adalah arah menuju Ka’bah (Baitullah) melalui jalur paling terdekat yang menjadi keharusan bagi setiap umat muslim untuk menghadap ke arah kiblat pada saat melaksanakan ibadah shalat. Arah kiblat tersebut, dapat ditentukan dari setiap penjuru belahan bumi dengan cara melakukan perhitungan ataupun dengan cara pengukuran. Perumusan masalahnya adalah: Bagaimana penentuan arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang? dan bagaimana tingkat akurasi arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris atau dapat disebut dengan penelitian lapangan, yaitu dengan berfokus mengkaji hukum yang tidak tertulis, perbandingan hukum, sejarah hukum, dan efektifitas hukum. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis yaitu dengan mengkaji hukum dalam konteks sosial, dengan cara mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber hukum primer dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara dengan Kasubag Kecamatan Ciruas, Staf KUA Kecamatan Ciruas, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di kecamatan Ciruas Kabupaten Serang, Banten. Sedangkan sumber hukum sekundernya diperoleh dari buku-buku, jurnal, artikel, dan sebagainya yang bersangkutan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, menggambarkan dan meringkas fenomena yang terjadi dari beberapa data yang dikumpulkan berupa hasil observasi dan wawancara mengenai pokok masalah yang terjadi di lapangan. Kesimpulannya: 1. Dalam penentuan arah kiblat majid-masjid yang ada di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang menggunakan metode yang bervariasi, ada yang hanya dengan mengikuti arah kiblat masjid yang lama, ada yang menggunakan metode alat bantu kompas dan ada yang menggunakan metode theodolite. 2. Tingkat akurasi masjid-masjid yang ada di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ada yang kurang dari 5º tingkat kemelencengannya dan ada yang lebih dari 5º tingkat kemelencengannya. Kemelencengan arah kiblat pada masjid-masjid tersebut terjadi karena metode, data, perhitungan atau pengukuran yang kurang akurat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.1 Ibadah > 2x4.125 Masjid
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Jul 2024 07:59
Perubahan Terakhir: 17 Jul 2024 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14888

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.