Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Chat Forms Pada Mata Pelajaran PAI & Budi Pekerti Kelas VI di SDN Batok Bali Kota Serang

Khaerunisya, Santi (2024) Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Chat Forms Pada Mata Pelajaran PAI & Budi Pekerti Kelas VI di SDN Batok Bali Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210159_Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_Lampiran Depan.pdf

Download (464kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (803kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_PAI_191210159_Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk 1) mengetahui media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VI SD Negeri Batok Bali Kota Serang, 2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VI SD Negeri Batok Bali Kota Serang, 3) mengetahui Pengembangan media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VI SDN Batok Bali Kota Serang. Penelitian ini hanya akan membatasi pada desain media evaluasi, hasil belajar siswa, dan pengembangan terhadap media evaluasi pembelajaran mnggunakan aplikasi chat forms pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas VI di SDN Batok Bali kota serang, model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan research and devlopment (R&D) dengan pendekatan Borg and Gall. Hasil temuan akhir pada penelitian dan pengembangan ini adalah uji coba hasil belajar siswa terhadap produk berupa media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms untuk peserta didik kelas VI SDN Batok Bali Kota Serang. Uji coba lapangan utama ini dilakukan peneliti dengan cara melakukan Pre-test dan Post-test. Dapat diketahui nilai Pre-test memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 77,64. Sedangkan untuk nilai Post-test memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 91,11 dengan jumlah responden atau peserta didik yang dipakai sebagai subjek uji coba adalah sebanyak 36 peserta didik. Uji coba selanjutnya peneliti menyebar angket untuk peserta didik. Angket ini sebatas mengetahui tanggapan dan respon peserta didik terhadap dua aspek yaitu, aspek pemahaman dan penggunaan media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms dengan mendapatkan hasil presentase rata-rata respon peserta didik terhadap media evaluasi pembelajaran, yaitu mencapai 87,5% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Chat forms yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Media evaluasi pembelajaran, Aplikasi Chat Forms
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Jun 2024 03:57
Perubahan Terakhir: 29 Jun 2024 03:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14803

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.