MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN

Muhajir, Muhajir (2016) MATERI DAN METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN. Cet.1 . Laksita Indonesia, Jakarta. ISBN 978-602-340-025-6

[img]
Pra Tinjau
Teks
Materi dan Metode Pendidikan Anak dalam Al-Qur'an.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan Anak merupakan tonggak pendidikan yang sangat fundamental. Mengapa demikian? Karena sukses mendidik anak akan menjadi dasar pendidikan-pendidikan selanjutnya termasuk pendidikan pada masa remaja, dewasa, dan masa tua. Tetapi sebaliknya, gagal mendidik anak, akan berimbas buruk pada pendidikan-pendidikan selanjutnya. Al-Qur’an memberikan petunjuk kepada kita semua, supaya mendidik anak dengan cara-cara yang ada dalam Al-Qur’an. Niscaya manusia tidak akan tersesat dan akan selamat di dunia dan akhirat. Karena tanggung jawab pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua khusunya ayah, seperti dijelaskan al-Qur’an. Tetapi karena beratnya tanggungjawab ayah mencari nafkah, maka pendidikan anak itupun harus diwakilkan kepada ibu. Maka ibu adalah sekolahnya bagi anak-anaknya. Pendidikan keluarga emang merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Oleh karena itu seorang ayah dan ibu harus mempunyai bekal tentang materi apa yang akan diajarkan kepada anak-anaknya, dan menggunakan metode apa untuk menyampaikan materi tersebut. Materi pendidikan anak, seperti dicontohkan oleh Luqman al-Hakim dalam al-Qur’an, mempunyai ruang lingkup (scope) dan urutan (sequence) yang sangat sesuai dengan irama perkembangan anak. Anak mula pertama didik tauhidnya, mengenal Tuhan-nya, dengan harapan anak mempunyai tauhid yang kuat, dalam rangka menetralisir perbuatan yang sangat dibenci Allah yaitu syirik (menyekutukan Allah). Karena syirik merupakan dosa yang paling besar, dan tidak diampuni Allah. Kedua, anak diberi materi pendidikan akhlak, agar mempunyai tingkah laku yang mulia, baik pada dirinya, orang tuanya maupun orang lain. Dengan akhlak mulia ini, seorang anak akan terangkat derajatnya, baik di mata manusia maupun di hadapan Allah, tetapi sebaliknya ketika soerang anak tidak mempunyai akhlak yang mulia, mereka akan diputar posisinya oleh Allah dari yang terbaik menjadi terburuk. Ketiga anak diberi pelajaran tentang syari’ah, tata cara beribadah kepada Allah, baik ibadah maghdhah maupun ibadah ghairu maghdhah, tata cara hidup baik berhubungan dengan manusia (hablum min al-nas) maupun berhubungan dengan Allah (hablum min Allah), sehingga anak akan berkembang menjadi manusia yang berkembang akal pikirannya dan berfungsi hatinya. Al-Qur’an juga menunjukkan meotde pendidikan anak yang cukup baik karena metode itu edukatif, menyenangkan, dan membahagiakan. Metode yang dipaparkan al-Qur’an bersifat mendidik dan sangat cocok untuk diterapkan pada pendidikan anak. Mengapa demikian? Karenan seutuhnya yang sesuai dengan perkembangan anak dan tidak kontradiktif dengan potensi-potensi yang dimiliki anak. Metode yang baik adalah metode yang apabila dipakai membuat anak mudah memahami materi yang diajarkan dan membuat anak fun (senang) dalam proses pendidikan maupun pembelajaran. Buku ini mengungkap bagiamana memberikan materi yang tepat pada anak-anak kita dan metode yang tepat untuk menyampaikan materi pendidikan tersebut, yang ditunjukkan oleh ayat-ayat al-Qur’an serta tafsir dari pada ahli pendidikan

Tipe Item/Data: Buku
Informasi Tambahan: Dr. Muhajir, MA. Lahir di Kebumen, 28 Desember 1970. Penulis adalah dosen tetap Ilmu Pendidikan Islam di Institut Agama Islam (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten. Penulis menyelesaikan studi sarjananya pada bidang Pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1995). Program Pascasarjananya (S2), ia selesaikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada bidang Pendidikan Islam (2003). Program doktor, ia selesaikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada bidang yang sama, yaitu Pendidikan Islam (2011). Ayah dari Faiz Arfan Bahar, Faza Farzanggi Muhajir, Farih Al-Haq Muhajir saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Program Pascasarjana IAIN “SMH” Banten dari tahun 2011- sekarang. Sebelumnya penulis pernah menjabat Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) “Tiara” Jakarta (2008), Ketua Yayasan Nur El-Qolam Banten (2005 – sekarang), Direktur PGTK Permata Indonesia Serang (2008-2010), Ketua Perguruan Tinggi Nur El-Qolam (2009-sekarang). Suami Tri Yuni Hartati, A.Md. ini aktif menulis artikel yang dimuat di beberapa jurnal antara lain, Perjumpaan Sufisme dan Agama-agama Lain di Dunia, dipublikasikan oleh Media Pembinaan, Majalah Bulanan Kanwil Departemen Agama Jawa Barat. No. 08/XXVIII November 2001. “Madrasah-madrasah di Makkah dan Madinah”, dimuat dalam (Jurnal Ilmiah Bidang Keagamaan dan Kemasyarakatan), Vol. 20/No. 98, 99/JuliDesember 2003. Kurikulum Madrasah Orde Reformasi – 2007 (Analisis Pengembangan dan Pembaharuan ke Arah Modern), dimuat dalam Jurnal Tazkia, Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Vol. IX No. 02, 2008. Pergeseran Kurikulum Madrasah dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (buku) merupakan penelusuran penulis tentang kurikulum madrasah dan kebijakan pendidikan nasional, Manajemen Berbasis Madrasah (Teori dan Praktek), (buku), berkaitan dengan manajemen madrasah baik secara teori maupun praktek, Materi dan Metode Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, (buku) yang di tangan anda ini merupakan penelusuran penulis tentang ayat-ayat al-Qur’an mengenai materi dan metode pendidikan anak.
Kata Kunci (keywords): Metode Pendidikan, Sistem Pendidikan, Pendidikan Anak, Pendidikan menurut Al-Quran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 22 Des 2017 08:41
Perubahan Terakhir: 09 Mei 2022 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.