Penggunaan Ayat Al-Qur’an sebagai Syifa (Studi Komparatif Antara Al-Qurthubi dan Fakhr Al-din AL-Razi)

Rachmawati, Neti (2024) Penggunaan Ayat Al-Qur’an sebagai Syifa (Studi Komparatif Antara Al-Qurthubi dan Fakhr Al-din AL-Razi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320108_COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (745kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (601kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_BAB 5.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_IAT_191320108_DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (152kB)

Abstrak

Salah satu nama dari Al-Qur’an yaitu Syifa, Al-Quran juga sebagai sumber ilmu yang dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan termasuk masalah kesehatan. Dan juga umat islam mempercayai bahwa al-Qur’an mampu berfungsi sebagai Syifa. Banyak ayat al-Qur’an yang dianggap sebagai Do’a atau Dzikir untuk menyembuhkan berbagai peyakit fisik maupun non fisik. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dalam penulisan ini ialah: 1. Bagaimana penafsiran Al-Qurthubi tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa ? 2. Bagaimana penafsiran Fakhruddin ar-Razy tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa ? 3. Bagaimana perbandingan penafsiran Al-Qurthubi dan Fakhruddin ar-Razi tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa? Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui penafsiran Al-Qurthubi tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa 2. Untuk mengetahui penafsiran Fakhruddin ar-Razy tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa 3. Untuk mengetahui perbandingan penafsiran Al-Qurthubi dan Fakhruddin ar-Razi tentang Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data dari berbagai macam buku, kitab dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian kali ini sumber primer Sumber primer yang akan menjadi sumber penelitian adalah Mafatih Ghaib karya Fakhruddin ar-Razi dan Qurthubi karya Al-Qurthubi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penafsiran Al-Qurthubi dan Fakhruddin ar-Razi memiliki prinsip penafsiran yaitu Al-Qur’an sebagai syifa atau penawar terhadap penyakit rohani dan jasmani, Penggunaan Ayat Al-Qur’an Sebagai Syifa dengan menuliskan beberapa ayat Al-Qur’an. Ditulis di dalam bejana yang bersih kemudian mandi tiga kali dengan air yang bersih lalu dengan air itu juga disiramkan pada bagian yang sakit tiga kali, kemudian berwudhu dengan air itu sebagaimana wudhunya untuk menunaikan shalat. Sedangkan Fakhruddin ar-Razi, ketika penyakit yang berada dalam ruh atau jiwa parah, maka harus ada dokter ahli yang menangani nya. Fakhruddin ar-Razi mengatakan “Muhammad itu seorang tabib yang terampil, dan Al-Qur’an adalah kumpulan obat-obatannya yang menyembuhkan hati yang sakit.”

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Fakhruddin ar-Razi, Al-Qurthubi, Syifa
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2024 08:26
Perubahan Terakhir: 28 Jun 2024 06:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.