Konteks Penafsiran Kata Ashab Dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Konteks Nilai-Nilai Akhlak Pada Ashab Dalam Kitab Tafsir Munir Wahbah Zuhaili)

Rohdini, Rohdini (2024) Konteks Penafsiran Kata Ashab Dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Konteks Nilai-Nilai Akhlak Pada Ashab Dalam Kitab Tafsir Munir Wahbah Zuhaili). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_181320044_COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Teks
S_IAT_181320044_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang kisah ashab dalam Al-Qur’an yang mempunyai palajaran dan pesan moral yang bisa kita petik dari sebuah kisah-kisah tersebut. Banyak ide-ide filosofis yang berlaku saat ini. Dengan menelaah makna kisah-kisah terhadap Al-Qur’an, maka karenanya akan menghidupkan suatu warisan sejarah yang selalu relevan pada zamannya masing-masing. Ada banyak cerita dalam Al-Qur’an, penulis akan memaparkan suatu kisah yang ada pada Al�Qur’an yakni, tentang Ashab yang ada dalam Al-Qur’an. Fokus pembahasan yang dikemukakan adalah; Pertama, Bagaimana konteks Kisah Asha>b, nilai akhlak dan bagaimana karakteristik keperibadian Asha>bul Yami>n, Asha>bul Al-Syima>l, Asha>bus Sabt, Asha>bul Hijr, Asha>bul A’ra>f, Asha>bul Jannah, Asha>b Al-Na>r, Asha>bul Kahfi, Asha>bul Qoryah, Asha>bur Rass, Asha>bul Aikah dan Asha>bul Ukhdu>d. Kedua, Bagaimanakah penafsiran Wahbah Az-Zuhaili yang di dalamnya terkandung kata ashab pada Kitab Tafsir Al-Munir. Dalam hal melakukan penelitian ini, penulis akan mengerjakan penelitian menggunakan bahan kepustakaan (Library Research), dan Untuk Teknik yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini ialah secara deskriptif kualitatif, yakni menganalisis data yang sudah dikumpulkan. Penulis dapat menyimpulkan, bahwa setiap Asha>b memiliki nilai Akhlak dan Karakteristik yang berbeda-beda, termasuk baik dan buruk. Wahbah Zuhaili menggunakan pendekatan tidak langsung dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an, dengan menganalisis setiap ayat secara terpisah. Pendekatan tafsir Wahbah Zuhaili didasarkan pada beberapa aspek Al-Qur'an seperti balaghah, I'rab, qiraat, mufrad, munasabah, bayan al-tafsir, dan fiqhul ahkam. Dari sini kita mengetahui dari salah satu ayat tentang Asha>b dapat dilihat bahwa Wahbah Zuhaili, ketika menafsirkan ayat-ayat 41-45 dari surat Al-Waqi'ah, tidak menggunakan pendekatan yang komprehensif, melainkan lebih fokus pada penjabaran kosa kata yang menurutnya perlu dijelaskan dengan lebih rinci.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Asha>b dalam Al-Qur’a>n, Nilai-Nilai Akhlak
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2024 04:40
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2024 04:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.