Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Studi Asuransi Syariah (Studi di Kelas XII SMA Negeri 5 Kota Serang)

Apriono, Bilal Rajab (2024) Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Studi Asuransi Syariah (Studi di Kelas XII SMA Negeri 5 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430104_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_AS_191430104_BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (547kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_AS_191430104_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Tingkat pengetahuan tentang program studi tertentu dapat memengaruhi minat seseorang untuk melanjutkan pendidikan dalam bidang tersebut. Pengetahuan yang lebih dalam tentang materi studi, prospek karir, dan peluang pengembangan diri yang terkait dengan program studi tersebut dapat meningkatkan minat seseorang untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut dalam bidang tersebut. Selain itu, lingkungan sosial juga berperan penting dalam membentuk minat individu untuk melanjutkan pendidikan. Dukungan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dapat memberikan motivasi dan dorongan yang diperlukan untuk mengejar pendidikan lanjutan. Secara keseluruhan, tingkat pengetahuan dan dukungan dari lingkungan sosial saling berinteraksi untuk membentuk minat seseorang dalam melanjutkan pendidikan dalam program studi yang dipilih Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap pemilihan program studi asuransi syariah? 2) Apakah lingkugan sosial berpengaruh terhadap pemilihan program studi asuransi syariah? 3) Apakah pengetahuan dan lingkugan sosial berpengaruh terhadap pemilihan program studi asuransi syariah? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Tingkat Pegetahuan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Studi Asuransi Syariah; 2) Untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Studi Asuransi Syariah; 3) Untuk mengetahui seberapa besar Tingkat Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Studi Asuransi Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis linier berganda. Dalam pengambilan, digunakan teknik purposive sampling sebanyak 84 responden, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t), menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai thitung 2.546 > ttabel 1.990, artinya pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Variabel lingkugan sosial menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai thitung 2.859 > ttabel 1.990. Kemudian secara simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung (6.568 > Ftabel 3.11) dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya, variabel pengetahuan dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan program studi asuransi syariah. Nilai R Square sebesar 79.5%, artinya minat melanjutkan pendidikan program studi asuransi syariah dipengaruhi oleh pengetahuan dan lingkungan sosial, sisanya 20.5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Jun 2024 08:57
Perubahan Terakhir: 21 Jun 2024 08:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.