Analisis Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Penerapan Good Corporate Governance (GCG) (PT.XYZ)

Nasrullah, Muhamad Sukron (2024) Analisis Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Penerapan Good Corporate Governance (GCG) (PT.XYZ). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430055_Cover.pdf

Download (144kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_Lampiran Depan.pdf

Download (594kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_AS_191430055_Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstrak

Penelitian ini menganalisis pengaruh transparansi dan akuntabilitas perusahaan terhadap penerapan Good Corporate Governance (GCG). Transparansi sebagai salah satu prinsip keterbukaan informasi terbukti memperkuat penerapan GCG dengan memberikan akses yang lebih baik kepada pemangku kepentingan terhadap kebijakan dan kinerja perusahaan. Sementara itu akuntabilitas perusahaan yang menekankan tanggung jawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan merupakan kunci dalam memastikan kepatuhan dan integritas dalam penerapan prinsip-prinsip GCG. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah Transparansi berpengaruh terhadap penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ?, apakah Akuntabilitas Perusahaan berpengaruh terhadap penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ?, dan seberapa besar pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Perusahaan terhadap penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Transparansi terhadap penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ, untuk mengetahui pengaruh Akuntabilitas Perusahaan terhadap penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Perusahaan terhadap Penerapan Good Corporate Governance pada PT. XYZ. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang dibagikan kepada sebagian pegawai PT. XYZ. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu sebelum dilakukan uji-uji selanjutnya dengan bantuan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transparansi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerapan good corporate governance, variabel akuntabilitas perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerapan good corporate governance. Selain itu, variabel transparansi dan akuntabilitas perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerapan good corporate governance dan berdasarkan uji R Square memiliki pengaruh sebesar 45,5%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Transparansi, Akuntabilitas, dan Good Corporate Governance
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Jun 2024 07:26
Perubahan Terakhir: 21 Jun 2024 07:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.