Jual Beli Melalui Jasa Samsaroh Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Komparatif Antara Madzhab Hanafi Dan Madzhab Syafi’i).

Nurudin, Nurudin (2024) Jual Beli Melalui Jasa Samsaroh Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Komparatif Antara Madzhab Hanafi Dan Madzhab Syafi’i). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130177_Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_Lampiran Depan.pdf

Download (579kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (641kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (637kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_HES_181130177_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstrak

Ketika seseorang memiliki kendala dalam menjalankan suatu kegiatan jual beli, ia bisa menggunakan jasa calo atau makelar atau dalam Islam dikenal dengan samsaroh untuk membantunya dalam melakukan hal tersebut. Namun, bagaimanakah Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i memandang kegiatan jual beli tersebut. Oleh karena itu penulis sangat tertarik untuk mengetahui Praktek Transaksi Jual Beli Melalui Jasa Samsaroh Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Komparatif Antara Madzhab Hanafi Dan Madzhab Syafi’i). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Praktek Transaksi Jual Beli Melalui Jasa Samsaroh Menurut Hukum Islam? 2. Bagaimana Praktek Transaksi Jual Beli Melalui Jasa Samsaroh Menurut Pandangan Madzhab Hanafi Dan Madzhab Syafi’i ? 3. Bagaimana Perbandingan (Komparatif) Hukum Menurut Madzhab Hanafi Dan Madzhab Syafi’i Tentang Samsaroh ? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui praktek transaksi jual beli melalui jasa samsaroh Menurut Hukum Islam. 2. Untuk mengetahui praktek transaksi jual beli melalui jasa samsaroh menurut pandangan Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i. 3. Untuk memahami Perbandingan (Komparatif) Hukum menurut Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i Tentang Samsaroh. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yaitu suatu cara guna menemukan suatu prinsip, aturan hukum, ataupun doktrin hukum untuk menjawab masalah hukum yang dihadapi. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan untuk memperoleh data atau informasi yang diperlukan menggunakan berbagai literatur yang ada. Dengan menggunakan bahan hukum primer berupa Al-Qur’an, Hadist, serta beberapa kitab seperti Ringkasan Kitab Al Umm dan bahan hukum sekunder berupa buku, jurnal, dan lainnya serta bahan hukum tersier berupa ensiklopedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumen yakni suatu cara untuk mencari informasi menggunakan berbagai karya tulis ilmiah atau dokumen lainnya yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini ada beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1. Praktek transaksi jual beli melalui jasa samsaroh menurut hukum Islam, yaitu mubah karena tidak bertentangan dengan hukum Islam. 2. Praktek transaksi jual beli melalui jasa samsaroh menurut pandangan Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i ialah diperbolehkan karena manfaatnya yaitu pihak pengguna jasa simsar terbantu dalam melakukan transaksi jual beli. 3. Perbandingan (komparatif) hukum menurut madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i tentang samsaroh yaitu menurut madzhab Syafi’i, baik yang berkaitan dengan akad ijarah maupun ju’alah boleh dilakukan sedangkan menurut Madzhab Hanafi hanya yang berkaitan dengan akad ijarah sajalah yang diperbolehkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Praktek Jual Beli, Jasa Samsaroh
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Jun 2024 03:40
Perubahan Terakhir: 14 Jun 2024 03:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.