Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Tindakan Side Streaming Pada Tepat Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah Bil Wakalah (Studi Kasus Bank BTPN Syariah X MMS Kasemen).

Wahid, Abdul (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Tindakan Side Streaming Pada Tepat Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah Bil Wakalah (Studi Kasus Bank BTPN Syariah X MMS Kasemen). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130187_COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (705kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (760kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (535kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_HES_191130187_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstrak

Salah satu produk Perbankan Syariah ialah Pembiayaan. Tepat Pembiayaan Syariah merupakan produk pembiayaan di Bank BTPN Syariah, yang dimaksud Tepat Pembiayaan Syariah adalah pembiayaan yang ditujukan khusus kepada perempuan pra sejahtera produktif, dilakukan berdasarkan perjanjian jual beli dengan akad Murabahah Bil Wakalah yang pencairannya dapat digunakan untuk usaha sesuai dengan perjanjian antara nasabah dan bank. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Terjadinya Tindakan Side Streaming Pada Murabahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kec. Kasemen Kota Serang? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Tindakan Side Streaming Pada Tepat Pembiayaan Syariah dengan Akad Murabahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kasemen? Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui terjadinya tindakan Side Streaming pada akad Murabahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kec. Kasemen Kota Serang, 2) Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap tindakan Side Streaming pada Tepat Pembiayaan Syariah dengan akad Murabahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kasemen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengkaji kesesuaian teori dan praktik yang terjadi di lapangan. Sumber data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yang berkesinambungan, reduksi data, pemaparan data dan menyimpulkan dari semua data yang didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, terjadinya tindakan Side Streaming pada Tepat Pembiayaan Syariah dengan akad Murabahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kec. Kasemen Kota Serang disebabkan oleh faktor Internal dari bank dan Eksternal dari nasabah. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap tindakan Side Streaming dengan akad Murbahah Bil Wakalah di Bank BTPN Syariah X MMS Kasemen ialah fasakh dalam akad, tetapi pihak bank melakukan restrukturisasi yaitu dengan melakukan ulang atau perjanjian kembali dengan isi perjanjian baru yang berdasarkan kesepakatan para pihak dan berdasarkan Surat Al-Maidah:1 sehingga nasabah melanjutkan angsuran dan memenuhi akad yang sudah dibuat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Side Streaming, Tepat Pembiayaan Syariah, dan Murabahah Bil Wakalah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2024 08:15
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2024 08:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14655

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.