البنيوية الوراثية جولدمان في فيلم "الرسالة" دلصطفى العقاد

Maemunah, Siti (2024) البنيوية الوراثية جولدمان في فيلم "الرسالة" دلصطفى العقاد. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360021_Cover.pdf

Download (425kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_Lampiran Depan.pdf

Download (936kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (631kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (957kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (783kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_BAB V.pdf

Download (514kB)
[img] Teks
S_BSA_201360021_Daftar Pustaka.pdf

Download (721kB)

Abstrak

Film ini mengisahkan tentang perjalanan dakwah nabi Muhammad saw. Mulai dari sembunyi-sembunyi hingga saat ini yaitu terang-terangan, dan menggunakan teori strukturalisme genetik yaitu dalam sastra menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam film ar-risalah karya mousthapa akkad ialah tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, serta gaya Bahasa. Dengan demikian struktural genetik Goldmann memandang karya sastra sebagai fakta kemanusiaan, pandangan dunia yang dihasilkan oleh interaksi subjek kolektif tertentu dengan lingkungan atau dunia sekitarnya. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Unsur intrinsik dalam film ar-risalah melalui struktural genetik ? 2). Bagaimana latar belakang sosial dan politik dalam film ar-risalah? 3). Bagaimana Pandangan dunia penulis pengarang dalam film ar-risalah? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui unsur intrinsik dalam film ar-risalah, mengetahui sosial,politik dalam film ar-risalah serta mengetahui pandangan dunia pengarang film ar-risalah karya moustapha akkad. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data yaitu data premier yaitu menonton film secara berulang-ulang dengan keseluruhan film tersebut dan data sekunder yaitu melalui buku, artikel, jurnal serta situs di internet yang berkenan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan Dalam film “ ar-risalah” yaitu unsur intrinsik dalam film ar-risalah yaitu tema, alur, waktu, dan suasana, tokoh, alur maju, gaya Bahasa Amiyah, sudut pandang : orang ketiga. Adapun fakta kemanusiaan dalam film “ar-risalah” memiliki dua bagian yaitu fakta individu, dan kemasyarakatan, lalu menemukan subjek kolektif dalam film tersebut serta menemukan pandangan dunia pengarang dalam film tersebut yaitu Ketika moustapha akkad membuat film “ar-risalah” liga muslim internasional dan banyak ulama terkemuka yang mengkritik film tersebut dikarenakan sebagian penghujat islam di eropa dan amerika serikat takut adanya kebenaran dalam islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): unsur intrinsik, fakta kemanusiaan dalam film ar-risalah, pandangan dunia pengarang
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2024 08:15
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2024 08:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.