Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Desa Toyomerto Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten)

Juadi, Juadi (2024) Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Desa Toyomerto Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_181410223_COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_181410223_BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (730kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Teks
S_ES_181410223_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa dibentuk oleh pemerintah desa dan masyarakat dengan tujuan dapat mengoptimalkan pengelolaan potensi masyarakat baik dalam sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan menguatkan perekonomian masyarakat. Berbagai Strategi Pengelolaan BUMDes dapat dilakukan oleh BUMDes Maju Bersama antara lain dengan skema membentuk program Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Toko Sahabat Tani sebagai sarana pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mensejahterakan masyarakat di Desa Toyomerto?, 2) Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mensejahterakan masyarakat di Desa Toyomerto?, 3) Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap peran BUMDes dalam upaya mensejahterakan masyarakat di Desa toyomerto ?. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis strategi pengelolaan yang dilakukan BUMDes Maju Bersama dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di Desa Toyomerto, 2) Untuk menganalisis penyebab faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat BUMDes dalam mensejahterakan Masyarakat di Desa Toyomerto, 3) Untuk menganalisis bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap peran yang dilakukan (BUMDes) Maju Bersama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menganalisis strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terhadap kesejahteraan masyarakat yakni BUMDes Maju Bersama. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh BUMDes Maju Bersama dengan menerapkan perencanaan program, pelaksanaan program, dan pengevaluasian program, sehingga akan tercapai sebuah tujuan BUMDes yaitu meningkatkan perekonomian Desa. Faktor pendukung dalam pengelolaan program BUMDes Maju Bersama adalah partisipasi dan kerjasama masyarakat Desa Toyomerto, sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan BUMDes Maju Bersama tertitik pada modal yang minim, kurangnya pengetahuan dan sarana-prasarana yang kurang memadai. BUMDes Maju melakukan pengelolaan sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini ditandai dengan kegiatan pembiayaan dengan prinsip mudharabah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Badan Usaha Milik Desa, Pengelolaan, Kesejahteraan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Mei 2024 03:13
Perubahan Terakhir: 28 Mei 2024 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.