Komunikasi Nonverbal Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Proses Belajar Mengajar Bagi Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunarungu dan Autis (Studi Deskriptif di Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon)

Nuryana, Gina (2024) Komunikasi Nonverbal Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Proses Belajar Mengajar Bagi Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunarungu dan Autis (Studi Deskriptif di Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510008_COVER.pdf

Download (117kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510008_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (629kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510008_BAB I.pdf

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_KPI_191510008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (156kB)
[img] Teks
S_KPI_191510008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510008_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi nonverbal merupakan sebuah pesan yang berbentuk nonverbal, artinya tanpa bahasa atau kata yang dikenal dengan istilah bahasa yang dikenal dengan istilah bahasa diam, yang memiliki untuk melengkapi, bahkan menggantikan keberadaan komunikasi verbal, baik itu melalui gerakan tangan, ekspresi wajah dan lain sebagainya. Adapun komunikasi nonverbal perlu digunakan dalam proses pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan gesture (Bahasa tubuh) untuk meningkatkan pemahaman siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon? (2) Bagaimana penggunaan paralinguistik untuk meningkatkan pemahaman siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon? (3) Apa hambatan komunikasi pada proses interaksi guru pada siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon?. Metode yang dipakai dalam mengumpulkan data adalah metode deskriptif yang dirancang untuk memperoleh informasi. Tujuan dari penelitian deskriptif difokuskan pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan dengan cara pengamatan/observasi, wawancara, dan mempelajari dokumen-dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti di SKH Negeri 01 Cilegon, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan komunikasi nonverbal antara guru dan siswa ABK penyandang tunarungu dalam menggunakan gesture efektif dalam meningkatkan pemahaman bagi siswa dalam berkomunikasi atau mengajarkan sesuatu kepada ABK menggunakan gesture, (2) Penggunaan paralinguistik dalam meningkatkan pemahaman bagi siswa ABK penyandang autis dinilai efektif, (3) Dalam mendapatkan feedback dari siswanya guru di SKH Negeri 01 Cilegon ini menggunakan berbagai langkah diantaranya dengan memancing apersepsi siswa, memberikan motivasi, menggunakan metode mengajar bervariasi, berdiskusi, dan memberikan reward.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Nonverbal, Gesture, Paralinguistics, ABK
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Mei 2024 06:55
Perubahan Terakhir: 21 Mei 2024 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.