Nuryana, Gina (2024) Komunikasi Nonverbal Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Proses Belajar Mengajar Bagi Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunarungu dan Autis (Studi Deskriptif di Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510008_COVER.pdf Download (117kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510008_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (629kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510008_BAB I.pdf Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510008_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (323kB) |
||
Teks
S_KPI_191510008_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (156kB) |
||
Teks
S_KPI_191510008_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510008_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510008_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi nonverbal merupakan sebuah pesan yang berbentuk nonverbal, artinya tanpa bahasa atau kata yang dikenal dengan istilah bahasa yang dikenal dengan istilah bahasa diam, yang memiliki untuk melengkapi, bahkan menggantikan keberadaan komunikasi verbal, baik itu melalui gerakan tangan, ekspresi wajah dan lain sebagainya. Adapun komunikasi nonverbal perlu digunakan dalam proses pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan gesture (Bahasa tubuh) untuk meningkatkan pemahaman siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon? (2) Bagaimana penggunaan paralinguistik untuk meningkatkan pemahaman siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon? (3) Apa hambatan komunikasi pada proses interaksi guru pada siswa anak berkebutuhan khusus di SKH Negeri 01 Cilegon?. Metode yang dipakai dalam mengumpulkan data adalah metode deskriptif yang dirancang untuk memperoleh informasi. Tujuan dari penelitian deskriptif difokuskan pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan dengan cara pengamatan/observasi, wawancara, dan mempelajari dokumen-dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti di SKH Negeri 01 Cilegon, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan komunikasi nonverbal antara guru dan siswa ABK penyandang tunarungu dalam menggunakan gesture efektif dalam meningkatkan pemahaman bagi siswa dalam berkomunikasi atau mengajarkan sesuatu kepada ABK menggunakan gesture, (2) Penggunaan paralinguistik dalam meningkatkan pemahaman bagi siswa ABK penyandang autis dinilai efektif, (3) Dalam mendapatkan feedback dari siswanya guru di SKH Negeri 01 Cilegon ini menggunakan berbagai langkah diantaranya dengan memancing apersepsi siswa, memberikan motivasi, menggunakan metode mengajar bervariasi, berdiskusi, dan memberikan reward.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunikasi Nonverbal, Gesture, Paralinguistics, ABK |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Mei 2024 06:55 |
Perubahan Terakhir: | 21 Mei 2024 06:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14611 |
Actions (login required)
Lihat Item |