Pergumulan Politik dan Dampaknya terhadap Pendidikan Mathla'ul Anwar

Royhatudin, Aat (2024) Pergumulan Politik dan Dampaknya terhadap Pendidikan Mathla'ul Anwar. Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
D_PAI_193670001_Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Lampiran Depan.pdf

Download (708kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Bab I.pdf

Download (522kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (422kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (809kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Bab V.pdf

Download (654kB)
[img] Teks
D_PAI_193670001_Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstrak

Politik pendidikan Pemerintah pada zamannya jelas telah berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan pendidikan Islam pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijaksanaan politik pemerintah bersifat positif konstruktif namun tidak jarang juga yang negatif destruktif, seperti pada zaman pra kemerdekaan. Hal yang sama bisa dilihat pada terbitnya SKB tiga menteri yang berdampak pada perkembangan pendidikan Mathla’ul Anwar (MA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana organisasi MA merespon dengan kebijakan pendidikan pemerintah, dinamika politik internal MA, dan Kontestasi ideologi keagamaan dapat mempertahankan ideologi lembaga atau organisasi, yang berdampak terhadap pendidikan, strategi dan upaya MA dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MA. Metode Penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif, mengungkap rangkaian peristiwa, dilakukan supaya tergali bagaimana kebijakan pendidikan pemerintah, kontestasi ideologi keagamaan dan dinamika politik internal yang berimplikasi pada perkembangan pendidikan Islam di MA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kebijakan pendidikan pemerintah telah mempengaruhi dan mempertahankan ideologi lembaga atau organisasi MA yang sudah mengalami transformasi dan intergrasi ke dalam pendidikan, dan kebijakan politik pemerintah memunculkan dinamika pemikiran keagamaan dan perkembangan pendidikan. Pendidikan yang dikembangkan MA seperti pesantren, madrasah dan sekolah ditempatkan sebagai instrumen politik internal dalam pembentukan identitas ideologisnya yang memiliki perkembangan dan dinamika keagamaan yang mewujud melalui gerakan yang ada pada lembaga pendidikan dengan mendorong organisasi untuk lebih intensif dan terbuka melalui kontestasi ideologi agama, yang pada akhirnya memperluas jaringan di antara pengurus internal baik di tingkat lokal, maupun nasional. Hal demikian akan berdampak pada pendidikan MA karena mampu memperkuat pandangan bahwa pesantren, madrasah dan sekolah memiliki standar ganda, di satu sisi menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional dengan berbagai peraturan di dalamnya, di sisi lain kepentingan ideologi masih disemaikan melalui berbagai strategi dan upaya di mana pendidikan pesantren melalui praktik agama, sosial dan dakwah dapat disinergikan dengan lembaga pendidikan formal yakni madrasah. Sementara sekolah yang bercorak modernis eklektik berhasil menempatkan lembaga pendidikan lebih modern sekalipun tarik ulur antara konservatisme dengan modernitas dan lokalitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Ideologi Keagamaan, Organisasi Keagamaan, Pendidikan Mathla’ul Anwar, Pesantren, Madrasah, Sekolah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 13 Mei 2024 08:09
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2024 01:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.