Analisis Sistem Bagi Hasil Pada Perusahaan Murni Jaya Menurut Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Perhentian Bus Murni Jaya Tarogong Kec. Labuan, Kab. Pandeglang Banten)

Maulana, Fikri (2024) Analisis Sistem Bagi Hasil Pada Perusahaan Murni Jaya Menurut Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Perhentian Bus Murni Jaya Tarogong Kec. Labuan, Kab. Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130032_Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130032_BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (984kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Teks
S_HES_171130032_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Dalam melakukan bisnis, perlu memperhatikan bagaimana model usaha itu berjalan,lalu berjalannya seperti apa, dan ada banyak hal yang perlu di perhatikan dalam menjalankan suatu usaha, diantaranya dari cara kerjasama dengan partner usahanya dan segi pemasaran. Terhambatnya proses sistem bagi hasil karena tidak merata yang dilakukan oleh pemilik modal dengan sopir menjadikan suatu masalah yang akan dikaji pada penelitian ini. Sedangkan pada dasarnya sistem pembagian harus seimbang dengan keuntungan yang di dapatkan ketika kesepakatan akad berlangsung. Salah satu penerapan bagi hasil yaitu pada perusahaan Murni Jaya yang berada di Tarogong Labuan. Sistem bagi hasil merupakan bentuk perjanjian atau kerjasama antara dua orang ataupun lebih dalam suatu perusahan. Keuntungan tersebut akan dibagi kepada pihak yang ikut berkontribusi dalam perjanjian itu. Apabila adanya kerugian maka ditanggung kedua belah pihak berdasarkan kesepakatan yang ditentukan. Penulis telah merumuskan permasalahan yang ada berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan diatas sebagai berikut: 1. Bagaimana praktik bagi hasil antara perusahaan bus Murni Jaya dengan sopir? 2. Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang sistem bagi hasil antara perusahaan bus Murni Jaya dengan sopir? Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sistem bagi hasil antara perusahaan Bus Murni Jaya dengan Sopir. 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang sistem bagi hasil antara perusahaan Bus Murni Jaya dengan Sopir Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu dengan mendestripsikan data secara objektif.Sumber data yang dikumpulkan menggunakan penelitian lapangan (field research) dari hasil wawancara pada pihak-pihak yang terkait, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Dari penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). mekanisme praktik bagi hasil antara perusahaan dengan sopir ditargetkan untuk setor harian, misalkan dalam perharinya ditekankan sehari satu juta rupiah sedangkan penghasilan dari perharinya tidak menentu bisa lebih ataupun sebaliknya, tetapi jika sopir tidak dapat mencapai batas setoran yang telah ditentukan oleh perusahaan maka sopir harus menutupi minus setoran yang telah ditetapkan atau dianggap menjadi hutang dan pelunasannya sebelum melakukan narik, sopir tersebut wajib melunasi terdahulu. 2).Sedangkan hukum islam terhadap sistem bagi hasil, ulama berpendapat diperbolehkan sistem bagi hasil, tetapi bagi hasil ini dikecualikan oleh as-sunnah dari larangan menjual sesuatu yang belum terjadi, dan dari sewa menyewa yang tidak jelas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Mei 2024 07:49
Perubahan Terakhir: 06 Mei 2024 07:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14572

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.