Pengembangan Pendidikan Karakter Islam Pada Anak Cerdas Istimewa

Maryam, Siti (2024) Pengembangan Pendidikan Karakter Islam Pada Anak Cerdas Istimewa. Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
D_PAI_193670006_Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_Lampiran Depan.pdf

Download (675kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (694kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Teks
D_PAI_193670006_Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstrak

Peningkatan karakter Islam pada anak cerdas istimewa dapat diproses melalui pendidikan Agama Islam. Dengan cara mengembangkan pola asuh orang tua, menerapkan metode dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak cerdas istimewa. Proses pendidikan karakter Islam pada anak cerdas istimewa memerlukan teori behavioristik, kognitivisme, konstruktivisme dan teori-teori Islam lainnya yang mendukung pada perubahan dan peningkatan tingkah laku anak sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dengan respon dalam kegiatan pendidikan. Al-Ghazali, dan Ibnu Maskawaih, menyampaikan pentingnya pengembangan pendidikan karakter Islam pada anak cerdas istimewa dengan cara mengembangkan pola asuh dan melakukan pendekatan mujahadah (kesungguhan) dan metode bertahap (graduasi) serta membiasakan amal shaleh secara berulang ulang, bertahap dan sistimatis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan efektivitas pendidikan karakter Islam pada anak cerdas istimewa yang dapat diimplementasikan oleh orang tua dan pendidik dalam mendidik karakter Islam pada anak cerdas istimewa. Caranya dengan melakukan beberapa pola asuh yang relevan dengan kategori kecerdasan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dengan tujuan dapat memberikan pembuktian dari hasil penelitian dan memberikan penjelasan terhadap hubungan IQ anak dengan pola asuh orang tua dan pengaruhnya dalam pengembangan karakter Islam. Memperhatikan hubungan interaktif gender anak yang berpengaruh juga terhadap karakter Islam. Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara IQ anak cerdas istimewa dengan pola asuh orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter Islam pada anak cerdas istimewa dibuktikan dari hasil penelitian bahwa untuk pengembangan karakter Islam pada anak cerdas IQ Tinggi lebih efektif menggunakan pola asuh demokratis. Untuk anak IQ Superior lebih efektif menggunakan pola asuh permisif dan untuk anak IQ Jenius lebih efektif menggunakan pola asuh otoriter. Hal ini dibuktikan pada data statistic Sig 0,031< dari 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh antara kecerdasan IQ anak dengan pola asuh orang tua dalam meningkatkan karakter Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan karakter Islam, anak cerdas istimewa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2024 04:41
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2024 04:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.