Peran Majelis Taklim Dalam Menumbuhkan Sikap Keagamaan Pada Anak-Anak (Studi di Majelis Taklim Miftahul Khair)

Saputra, Ricky (2024) Peran Majelis Taklim Dalam Menumbuhkan Sikap Keagamaan Pada Anak-Anak (Studi di Majelis Taklim Miftahul Khair). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210016_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_Lampiran Depan.pdf

Download (463kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (184kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Teks
S_PAI_171210016_Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran majelis taklim dalam menumbuhkan sikap keagamaan para anggotanya. (2) untuk mengetahui upaya dan kendala guru dalam menumbuhkan sikap keagamaan anggota Majelis Taklim Miftahul Khair. (3) untuk mengetahui kontribusi majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan anggota Majelis Taklim Miftahul Khair. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, maka peneliti langsung ke lapangan (field research) untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya hal yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Peran Majelis Taklim dalam menumbuhkan Sikap keagamaan anggota Majelis Taklim Miftahul Khair, diantaranya sebagai berikut: Membiasakan diri berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, membiasakan mengucapkan salam dan mencium tangan saat bertemu guru, menanamkan sikap saling memaafkan, dan menanamkan perilaku jujur setiap perkataan dan perbuatan. (2) Upaya dan kendala guru Majelis Taklim Miftahul Khair dalam menumbuhkan sikap keagamaan anggota Majelis Taklim Miftahul Khair, diantaranya sebagai berikut: Guru menggunakan metode untuk membentuk perilaku keagamaan, dan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti praktek shalat, hafalan juz amma, Baca Tulis Qur’an (BTQ), dan Memperingati hari besar Islam. Sedangkan kendala yang dihadapi guru Majelis Taklim Miftahul Khair dalam menumbuhkan sikap keagamaan anggota, diantaranya sebagai berikut: Terdapat anggota yang susah mengikuti kegiatan keagamaan, terdapat anggota yang pengetahuan agamanya minim, kecanduan gadget, dan kurangnya kerjasama yang dilakukan guru dan orang tua dalam membentuk sikap keagamaan peserta didik. (3) Majelis Taklim memberikan kontribusi terhadap penambahan pengetahuan agama pada anggota nya, kontribusi tersebut yaitu: sebagai peningkat pengetahuan keagamaan, meningkatkan keterampilan, sebagai tempat pendidikan berbasis masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Majelis Taklim, Sikap Keagamaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 04:10
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14540

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.