Mengungkap Sejarah Bandar Perdagangan Internasional Banten Pada Abad XVI-XVIII

Nur’azizah, Mila (2024) Mengungkap Sejarah Bandar Perdagangan Internasional Banten Pada Abad XVI-XVIII. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_191350031_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_Lampiran Depan.pdf

Download (788kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (522kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (686kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Teks
S_SPI_191350031_Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstrak

Sejak awal abad masehi Nusantara sudah aktif terlibat dalam pelayaran dan perdagangan internasional antara Barat (Eropa) dan Timur (Cina). Penyebaran agama Islam berperan penting bagi pelayaran dan perdagangan di Nusantara. Nusantara memiliki tiga laut utama yaitu Laut Jawa, Laut Flores, dan Laut Banda. Rute pelayaran dan perdagangan yang paling ramai di perairan Nusantara adalah Laut Jawa. Salah satu kota perdagangan di Laut Jawa yang berkembang adalah Banten yang termasuk ke dalam jaringan pelayaran dan perdagangan jalur sutra. Banten sebelum dikuasai sudah menjadi kota yang cukup penting bagi perdagangan dan pelayaran terlebih ketika jatuhnya Malaka di tangan Portugis pada tahun 1511 M. Banten sebagai bandar perdagangan internasional semakin maju dan berkembang setelah dikuasai Islam dan ibukota Banten (Banten Girang) dipindahkan ke Surosowan dekat Pelabuhan Banten. Berdasarkan latar belakang di atas, terdapat perumusan masalah pokok yang harus terjawab pada penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana gambaran umum Banten pada abad XVI-XVIII? 2. Bagaimana kedudukan Pelabuhan Banten dalam pelayaran dan perdagangan internasional pada abad XVI-XVIII? 3. Bagaimana aktivitas perdagangan internasioal di Banten pada abad XVI-XVIII? Hasil dari tujuan penelitian ini adalah terwujudnya deskripsi yang dapat menjelaskan tentang: 1 Gambaran umum Banten pada abad XVI-XVIII, 2. Kedudukan Pelabuhan Banten dalam pelayaran dan perdagangan internasional pada abad XVI-XVIII, 3. Aktivitas perdagangan internasional di Banten pada abad XVI-XVIII. Adapaun objek penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dan pendekatan teori ekonomi. Metode penelitian sejarah memiliki lima tahapan, yaitu: pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan ekonomi berdasarkan pemikiran Ibnu Khaldun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Perdagangan dan pelayaran di Banten mengalami kemanjuan setelah Banten berada di bawah kekuasaan Islam. Pelabuhan Banten (Karangantu) merupakan pelabuhan dagang nasional dan internasional yang menjadi penghubung antara Banten dengan para pedagang asing. Keramaian di Pelabuhan Banten tidak lepas dari perkembangan perdagangan internasional yang berhubungan dengan Jalur Sutra. Banten berperan dalam kegiatan perdagangan regional dan internasional yang memiliki bandar sebagai tempat ekspor dan impor komoditas serta jalinan perdagangan yang luas. Perdagangan di Banten menganut sistem perdagangan bebas dan terbuka.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 900 Sejarah > 905 Serial publikasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 02:54
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14533

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.