Rokhmah, Nanda Ainur (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun Nussa dan Rarra Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Bersih itu Sehat (Studi di Kelas IV A SDN Ranjeng Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210019_Cover.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210019_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210019_BAB I.pdf Download (264kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210019_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
Teks
S_PAI_191210019_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (492kB) |
||
Teks
S_PAI_191210019_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (314kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210019_BAB V.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210019_Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran film kartun Nussa dan Rarra dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dikelas IV A SD Negeri Ranjeng Kab. Serang, bagaimana minat belajar siswa kelas IV A SD Negeri Ranjeng Kab. Serang dalam mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti dengan menggunakan media film kartun Nussa dan Rarra, dan seberapa berpengaruh film kartun Nussa dan Rarra terhadap minat belajar siswa kelas IV A SD Negeri Ranjeng Kab. Serang dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan suasana baru dengan menggunakan media pembelajaran film kartun dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive, yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, maka didapatlah sebanyak 30 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menyebarkan angket dengan 10 butir soal pernyataan mengenai minat belajar dan media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata angket Variabel Y yaitu 31,9 dengan persentase 27% sedangkan nilai rata-rata angket Variabel X yaitu 41,6 dengan persentase 60%. Dan berdasarkan pengajuan hipotesis didapatkan bahwa t hitung (11,48) lebih besar dibandingkan dengan t tabel (1,699) artinya hipotesis diterima dan ini menunjukkan bahwa penggunaan media film kartun berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IV A SDN Ranjeng Kab. Serang. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari penggunaan media film kartun Nussa dan Rarra terhadap minat belajar siswa kelas IV A SD Negeri Ranjeng Kab. Serang dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Film Kartun dan Minat Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Apr 2024 08:00 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 08:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14453 |
Actions (login required)
Lihat Item |