Analisis Pendapatan Tidak Tetap Terhadap Pengelolaan Dana Pendidikan pada Ekonomi Rumah Tangga (Studi Kasus di Kampung Kubang Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Provinsi Banten)

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2024) Analisis Pendapatan Tidak Tetap Terhadap Pengelolaan Dana Pendidikan pada Ekonomi Rumah Tangga (Studi Kasus di Kampung Kubang Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_ES_181410082_Cover.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Bab I.pdf

Download (448kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (701kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (522kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Bab V.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_ES_181410082_Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstrak

Pendidikan bukan hanya sekedar tentang mentransfer ilmu dari guru ke murid, melaksakan ujian ataupun mendapatkan ijazah akan tetapi merupakan suatu proses pembebasan terhadap seorang siswa dari ketidaktahuan, ketidakmampuan, ketidakberdayaan, ketidakujuran, ketidakbenaran, dan juga iman. Pendidikan di negara Indonesia tergolong masih rendah, namun masyarakat Kubang masyarakatnya yang bermatapencaharian sebagai wiraswasta, wirausaha dan buruh, mereka tetap mensekolahkan anaknya hingga ke jenjang SMA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat pendapatan keluarga pada masyarakat kampung Kubang? 2) Bagaimana pengelolaan pendapatan tidak tetap yang dilakukan oleh masyarakat kampung Kubang untuk biaya pendidikan anak? Maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat pendapatan tidak tetap pada masyarakat Kampung Kubang. 2) Untuk mengatahui cara pengelolaan pendapatan tidak tetap terhadap pengelolaan dana pendidikan anak pada masyarakat Kampung Kubang Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian etnografi, dengan teknik pengumpulan data yaitu memalui wawancara dengan 10 informan masyarakat linkungan Kampung Kubang. Serta data sekunder yang diperoleh melalui dokumen, buku, jurnal, dan sumber-sumber lainnya yang saling berkaitan. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dengan adanya pengelolaan pendapatan yang baik dan benar, masyarakat Kampung Kubang memiliki anggaran yang matang untuk biaya pendidikan anak, baik diwaktu sekarang dan masa depan. 2) walaupun dengan pendapatan yang tidak tetap, masyarakat Kampung Kubang memiliki semangat yang tinggi untuk menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang yang tinggi. Karena mereka percaya dengan pendidikan membuat adanya masa depan yang cerah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan, Pendapatan, Ekonomi Rumah Tangga
Subjek: 600 Teknologi > 640 Rumah & manajemen keluarga
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2024 07:46
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.