Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di RA Al-Hujjaj kota Cilegon

Hasanah, Ummi (2024) Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di RA Al-Hujjaj kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_171260009_Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_Lampiran Depan.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260009_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, dukungan, pengontrol dan mediator dalam meningkatkan mutu pendidikan, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di RA Al-Hujjaj Cilegon. Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah komite sekolah, kepala sekolah, sekretaris, bendahara. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kkomite sekolah di RA Al-Hujjaj Cilegon sudah berjalan dengan baik dan ikut serta dalam pengelolaan pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu komite juga mengontrol keuangan sekolah yang terkait dengan program atau kegiatan sekolah, mengarahkan wali murid dalam pelaksanaan program sekolah, komite juga melaporkan hasil kegiatan kepada wali murid saat pertemuan dengan wali murid. Laporan tersebut dilakukan sebagai bentuk transparasi sekaligus pembuktian bahwa sumbangan sukarela oleh wali murid bener-bener di realisasikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini dengan cara meningkatkan mutu dari seorang pengajar demi tercapainya mutu pendidikan yang baik, membuat program dalam satu ajaran berupa program tahunan dan program semester, menambah sarana dan prasarana agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik, menyusun program-program yang lain yang bersangkutan dengan peningkatan mutu pendidikan, menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orangtua siswa. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu sarana dan prasarana pendidikan sudah memenuhi standar pendidikan, dukungan stakeholders yang kuat, sistem komunikasi dan koordinasi yang sudah terjalin dengan baik. Faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu anggaran biaya yang kurang memadai, serta kesadaran masyarakat yang kurang dalam hal pendidikan .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komite Sekolah, Mutu Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2024 07:44
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 07:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.