Peran Komunitas Penanggulangan Resiko Bencana dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Penanaman Mangrove (Studi Kasus di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadi Rejo Kabupaten Pacitan)

Aji, Adithya (2024) Peran Komunitas Penanggulangan Resiko Bencana dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Penanaman Mangrove (Studi Kasus di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadi Rejo Kabupaten Pacitan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530019_Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_Lampiran Depan.pdf

Download (363kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (580kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Teks
S_PMI_191530019_Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstrak

Fenomena abrasi di Desa Sidomulyo Pantai Soge dan Teban dimana disetiap Pantainya tehadap pemasalahan abasi. Banyak kegiatan linkungan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan abrasi oleh Komunitas Penanggulan Resiko bencana yaitu penanaman mangrove dan pembibitan mangrove. Keberhasilan kegiatan mangrove tersebut membuat perbaikan besar untuk pengurangan laju abrasi dan juga berdampak kepada masyarakat baik dari aspek ekonomi, sosial, maupun lingkungan, sehingga masyarakat menjadi tangguh dan berdaya sebelum maupun sesudah terjadi bencana. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa program yang dilakukan oleh komunitas PRB dalam menanggulangi resiko bencana di Pantai Soge dan Pantai Teban? 2) Bagaimana aksi yang dilakukan oleh komunitas PRB dalam penanaman mangrove untuk menanggulangi resiko bencana di Pantai Soge dan Pantai Teban? 3) Apa manfaat yang diterima bagi masyarakat sekitarPantai Soge dan Pantai Teban? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui apa saja program komunitas PRB Sidomulyo. 2) Untuk mengetahui upaya dan usaha yang diberikan oleh komunitas PRB Sidomulyo dalam memberdayakan masyarakat untuk mengurangi dampak abrasi Pantai. Untuk melihat bagaimana kondisi perubahan masyarakat sebelum dan sesudah ditanam Mangrove di Pantai Teban dan Pantai Soge. 3) Untuk menjelaskanhasil terlaksananya penerapan penanaman mangrove terhadap pengurangan abrasi pantai yang dilakukan oleh Komunitas Penanggulangan Resiko Bencana Pacitan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dengan 5 narasumber yaitu, Kepala Desa, Ketua Komunitas, 2 Anggota Komunitas, dan 1 warga masyarakat desa Sidomulyo. Kegiatan ini dilakukan pada Oktober 2022 sampai Februari 2023. Hasil dari penelitian ini. Pertama Komunitas Penanggulangan Resiko Bencana membuat perubahan melalui program penanaman mangrove dan pembibitan mangrove, gotong royong di desa Sidomulyo dan konservasi mangrove, yang bertujuan untuk mengurangi dampak abrasi iii pantai dengan memberdayakan masyarakat melalui penanaman mangrove. Kedua manfaat tersebut berpengaruh pada manfaat perekonomian masyarakat mempunyai lahan untuk usaha, manfaat sosial mampu berkerja sama dengan lembaga, dan manfaat lingkungan menjaga ekosistem dan mengurangi abrasi. Ketiga proses pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui penanaman mangrove menggunakan 6 tahapan pemberdayaan tahap persiapan, tahap assesment, tahap perencanaan program, tahap perencanaan aksi, tahap pelaksanaan program, dan tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberdayaan ini yaitu: a) faktor pendukung: partisipasi masyarakat, keterlibatan pengurus, fasilitas, dan publikasi. b) faktor penghambat: ketidaksiapanuntuk mengalami perubahan, kurangnya tenaga pendamping, kurangnya sarana danprasarana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Abrasi, Penanaman dan Pembibitan Mangrove, Komunitas PRB
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2024 03:43
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.