Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Eco-Pesantren di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum Cipocok Jaya Kota Serang Banten

Aledya, Phipy (2024) Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Eco-Pesantren di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum Cipocok Jaya Kota Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530032_Cover.pdf

Download (364kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_Lampiran Depan.pdf

Download (893kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_PMI_201530032_Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstrak

Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum yang berada di Kelurahan Cipocok Jaya Kota Serang merupakan pondok pesantren salafiyah atau tradisional, yang mampu konsentrasi terhadap pelestarian lingkungan. Namun lemahnya manajemen lingkungan terutama dalam pengelolaan sampah maupun pelestarian lingkungan. karena pesantren merupakan komponen penting sebagai agen perubahan (Agent of change) dalam perilaku dan sikap masyarakat dengan cara merawat dan ikut serta dalam pemeliharaan sumber daya alam dan lingkungan, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan program eco-pesantren. Tujuan dari pendampingan program eco-pesantren adalah meningkatkan sikap peduli santri terhadap lingkungan dengan menerapkan program pembelajaran fiqih lingkungan ke dalam kurikulum pesantren, program pemanfaatan lahan pekarangan pesantren, sosialisasi dan edukasi pemilahan dan pemanfaatan sampah serta kegiatan pelatihan pembuatan cairan eco-enzyme dari sampah organik. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan pembelajaran partisipatif dan tindakan Participatory Learning and Action (PLA), yang merupakan bentuk baru dari pendekatan pemberdayaan masyarakat. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, Focus Grouf Discussion (FGD) dan dokumentasi. Adapun hasil dari tindakan tersebut adalah: 1) Santri mampu berperan dalam perawatan lingkungan dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi, 2) Santri mampu berperan dalam pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman apotik hidup 3) Santri mampu berperan dalam pengelolaan sampah, dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya, 4) Santri mampu berperan dalam pemanfaatan sampah organik, dengan membuat cairan eco-enzyme, Dengan demikian meningkatnya sikap peduli lingkungan pada santri Al-Mustajib Madarijul Ulum setelah dilakukannya program pendampingan dengan memenuhi indikator peduli lingkungan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pondok Pesantren, Lingkungan, Eco-pesantren, Apotik Hidup, Eco-enzyme
Subjek: 600 Teknologi > 620 Rekayasa > 624 Civil engineering
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Apr 2024 05:05
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 05:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14438

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.