PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas II SDN di Kecamatan Cikupa Tangerang)

KOMARIYAH, KOKOM (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas II SDN di Kecamatan Cikupa Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL PAPER)
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga Batang Cuisenaire terhadap pemahaman konsep perkalian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Group Design dengan sampel 32 siswa kelas II SDN Talaga I sebagai kelompok eksperimen dan 27 siswa kelas II SDN Talagasari sebagi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis akhir bahwa pemahaman konsep perkalian yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Batang Cuisenaire memperoleh nilai rata-rata 86,22 lebih tinggi dari pemahaman konsep perkalian yang diterapkan secara konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,33. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakan pengujian statistik berupa Mann Whitney dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution), dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep perkalian siswa antara yang menggunakan alat peraga Batang Cuisenaire dengan yang konvensional. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan alat peraga Batang Cuisenaire terhadap pemahaman konsep siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Alat Peraga Batang Cuisenaire, Pemahaman Konsep, Materi Perkalian.
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2017 09:22
Perubahan Terakhir: 29 Des 2017 09:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.