Profesi Para Sahabat Nabi Muhammad SAW (Studi Hadis Tematik)

Rohmatulloh, Roja (2024) Profesi Para Sahabat Nabi Muhammad SAW (Studi Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_191370047_COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (610kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (648kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Teks
S_IH_191370047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstrak

Profesi Para Sahabat Nabi Muhammad Saw dan Kualitas Periwayatan Hadis, merupakan judul yang penulis ambil untuk menjadi penelitian, karena belum banyak yang membahas tentang profesi para sahabat, terlebih profesi menjadi mata pencaharian pada zaman Rasulullah Saw, ditambah lagi dengan kualitas periwayatan hadis yang dibahas sebagai tambahan. Berdasarkan latar belakang diatas, Apa saja profesi para sahabat pada zaman nabi Muhammad SAW? Bagaimana hadis-hadis tentang profesi para sahabat dan periwayatan hadisnya? Bagaimana kontekstualisasi profesi sahabat terhadap periwayatan hadis? Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hadis-hadis profesi yang berkaitan dengan para sahabat sekaligus dengan periwayatanya dan hubungan sahabat terhadap hadis serta kontekstualisasi hadis tersebut pada zaman sekarang. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam hal ini adalah kepustakaan (Library Research). Penelitian ini dapat diartikan sebagai kegiatan untuk meneliti dan mengkaji sebuah tulisan dan karya ilmiah seperti koran, majalah, skripsi, makalah, jurnal, dan lain sebagainya. Objek penelitian untuk menggali informasi terkait profesi para sahabat Nabi Saw Penulis juga mengambil metode pengumpulan data bisa disebut juga dengan metode tematik (maudhu‟i), metode ini mengumpulkan berbagai macam data dari berbagai macam sumber dan refrensi. Untuk lebih mendalam dengan hasil yang baik metode deskriptif sendiri mengemukakan dan memberikan penjelasan yang lebih mendalam terkait sebuah data yang kita punya. Metode ini dirasa tepat untuk mendapatkan data di banyak sumber secara kualitatif. Sejauh penelitian yang telah penulis lakukan, berdasarkan dari hasil penelitian penulis membagi profesi menjadi 8 bidang seperti peternakan, pertanian, perdagangan, pendidikan, industri, buruh, kesehatan, dan politik dengan hadis-hadis yang berkaitan, semua itu masih berkaitan pada masa sekarang ini, serta kontektualisasi zaman sekarang banyak kemajuan yang seluruhnya berbasis teknologi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Profesi Sahabat, Periwayatan, Kontekstualisasi
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.1 Zaman Nabi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2024 03:10
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.