Implementasi Program Pusaka Sakinah Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Keluarga.

Nabilah, Siti Hannah (2023) Implementasi Program Pusaka Sakinah Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Keluarga. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110130_COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_BAB 1.pdf

Download (356kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Teks
S_HKI_191110130_LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (947kB)

Abstrak

Nama: Siti Hannah Nabilah, NIM: 191110130, Judul Skripsi: Implementasi Program Pusaka Sakinah Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Keluarga. Keluarga sakinah adalah pangkal harmonisnya suatu hubungan. Setiap pasangan tentu mendambakan keluarga yang sakinah. Namun secara realita problematika keluarga sulit dihindarkan, yang dapat memicu keretakan dalam rumah tangga. Penanganan problematika tersebut membutuhkan tindakan bijaksana dan konstruktif, sehingga Pusaka Sakinah ini menjadi fasilitas yang diandalkan dalam penyelesaian masalah yang ada dalam keluarga. Program ini diperlukan karena berkaitan tentang ketahanan keluarga dan juga membangun sebuah keluarga yang ideal memerlukan upaya yang sungguh-sungguh dimulai dari kesiapan calon pengantin yang akan menikah sampai dengan pasangan yang sudah menikah. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) di KUA Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) di KUA Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) di KUA Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) di KUA Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber hukum primer didapat dari hasil wawancara terhadap pihak KUA dan peserta program Pusaka Sakinah, dan sumber hukum sekunder yang didapat dari dokumen, buku dan jurnal terkait Pusaka Sakinah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Implementasi program Pusaka Sakinah di KUA Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang dilihat dari aspek penyelenggara program, materi yang disampaikan dalam pelaksanaan program, metode yang digunakan, serta waktu dan tempat pelaksanaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Nomor 783 Tahun 2019. 2) Faktor pendukung dalam implementasi program Pusaka Sakinah yaitu tokoh masyarakat yang mendukung adanya kegiatan Pusaka Sakinah ini, narasumber yang cukup kompeten dibidangnya, strategi yang digunakan berupa pendekatan kepada masyarakat asli dan masyarakat pendatang, dan juga sarana dan prasarana yang cukup memadai. Adapun faktor penghambat program ini yaitu anggaran yang belum stabil, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), kurangnya antusiasme masyarakat, waktu yang bertabrakan antara kegiatan Pusaka Sakinah dengan kegiatan peserta, dan kurangnya kedisiplinan peserta dalam mengikuti kegiatan ini

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Atu Karomah Pembimbing II: Ade Mulyana,
Kata Kunci (keywords): pusaka sakinah, problematika dan keluarg
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 28 Mar 2024 07:58
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.