Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior dengan Teknik Latihan Asertif untuk Menangani People Pleaser Remaja (Studi di Lingkungan Ciloang Kecamatan, Serang Kota Serang)

Salim, Ahmad Aris (2024) Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior dengan Teknik Latihan Asertif untuk Menangani People Pleaser Remaja (Studi di Lingkungan Ciloang Kecamatan, Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520093_COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (611kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (176kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_BKI_191520093_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstrak

People pleaser adalah sebutan bagi seseorang yang selalu berusaha melakukan atau mengatakan hal yang menyenangkan orang lain, meski bertentangan dengan apa yang dia pikirkan atau rasakan. Seseorang yang mengalami masalah people pleaser ini suka terbawa- bawa oleh temannya, karena mereka tidak mampu untuk mengatakan “tidak” mereka cendrung tidak bisa menolak. Karena jika dia menolak akan merasakan kecemasan dan rasa bersalah. Oleh karna itu, ini perilaku yang kurang baik dan harus di tangani. Dengan cara merubah perilaku tersebut dan di ganti dengan perilaku yang baru yang lebih baik, seseorang yang merubah perilakunya tersebut akan semakin tahu apa potensi dalam dirinya dan dapat berkembang lebih baik lagi untuk masa depannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Bagaimana Pelaksanaan Konseling Behavioral Untuk Menangani People Pleaser Remaja?" "Bagaimana penerapan teknik Asertif Untuk Menangani People Pleaser?" dan "Bagaimana hasil penerapan konselibg Behavior Untuk Menangani People Pleaser pada Remaja?". Tujuannya adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling behavioral pada remaja, mengetahui penerapan teknik asertif dalam menangani people pleaser pada remaja, mengetahui hasil penelitian menggunakan konseling behavior dengan teknik asertif untuk menangani people pleaser pada remaja. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, penelitian deskriptif ini mencoba memberikan ide secara sistematis dan cermat terhadap fakta yang sebenarnya dan karakteristik populasi tertentu, rencana pendekatannya melalui studi kasus yang metode penelitiannya menggunakan strategi untuk menemukan kasus-kasus tertentu karena menggunakan cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada perilaku remaja di Kp. Ciloang Sumur Pecung Kota Serang Provinsi Banten sebelum dan setelah melaksanakan konseling individu menggunakan pendekatan behavioral teknik asertif, hal tersebut dapat di lihat dari tabel hasil perkembangan remaja dalam menangani masalahnya people pleaser dan Hasil pendekatan behavioral menggunakan teknik asertif yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan memberikan perubahan yang baik pada 4 responden dan semua responden mengalami perkembangan yang baik, hasil dari konseling individu menggunakan pendekatan behavior teknik asertif yang diberikan kepada responden semakin terlihat perkembangannya dan terlihat dari diri mereka yang sudah mulai memahami pentingnya menghilangkan perilaku yang kurang baik dan diganti dengan perilaku yang baik, responden mulai menerapkan berperilaku aserif, mampu mengekpresikan perasaannya, mulai berani untuk menolak/mengatakan “tidak” dan lebih mementingkan kebahagiannya mulai menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2024 04:49
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 06:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.