Teknik Modeling dalam Memotivasi Santri Membaca Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Ar-Ridho Waringinkurung)

Amriyah, Amriyah (2024) Teknik Modeling dalam Memotivasi Santri Membaca Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Ar-Ridho Waringinkurung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520182_Cover.pdf

Download (399kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Bab 1.pdf

Download (597kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (795kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (650kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Bab V.pdf

Download (306kB)
[img] Teks
S_BKI_191520182_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang teknik modeling dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho Waringinkurung, yang mana teknik modeling ini merupakan teknik yang memberikan contoh positif kepada santri agar ia memperhatikan dan menirukan apa yang telah diajarkan oleh para ustadz/ustadzah pembimbing. Model dalam objek penelitian ini adalah ustadz/ustadzah pembimbing serta santri yang sudah dinyatakan baik dalam membaca Al-Qur’an di Ponpes Ar-Ridho Waringinkurung dengan teknik live model. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana penerapan teknik modeling dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho? 2) Apa saja hambatan dan dukungan teknik modeling dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho? Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan teknik modeling dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho. 2) Untuk mengetahui apa saja hambatan dan dukungan teknik modeling dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik modeling yang digunakan dalam memotivasi santri membaca Al-Qur’an di Ponpes Ar-Ridho ialah menggunakan live model, yaitu: 1) Pengelompokkan santri yang disesuaikan dengan pembimbing sehingga santri mudah terkontrol dan terbimbing. 2) Muroja’ah hafalan sesuai dengan kartu tugas hafalan santri. 3) Adanya penargetan khatam Al-Qur’an. 4) Pemberian contoh melalui teman sebaya. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan teknik modeling di Ponpes Ar-Ridho, yaitu: 1) Santri yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. 2) Santri yang sulit diatur pada saat kegiatan membaca Al Qur’an. 3) Rasa malas dalam diri santri. 4) Ustadz/ustadzah pembimbing yang jarang masuk pada saat kegiatan berlangsung. Faktor pendukungnya yaitu : adanya semangat dan antusias dari para santri dalam mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridho Waringinkurung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Modeling, Motivasi Membaca Al-Qur’an
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2024 04:51
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.