Tinjauan Hukum Islam Terhadap Biaya Penalti Deposito Mudharabah di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank BSI KCP Labuan)

Nispiati, Siti (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Biaya Penalti Deposito Mudharabah di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank BSI KCP Labuan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130209_Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Lampiran Depan.pdf

Download (848kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Bab I.pdf

Download (541kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (793kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (358kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (567kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Bab V.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_HES_191130209_Daftar Pusaka.pdf

Download (394kB)

Abstrak

Salah satu produk Perbankan Syariah ialah deposito, yang dimaksud deposito adalah simpanan berjangka yang dikelola dengan akad mudharabah yang penarikannya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan perjanjian antara nasabah dan bank. Akan tetapi ada saja nasabah yang melakukan pencairan deposito sebelum jatuh tempo dan bank membebankan penalti kepada nasbah karena nasabah melanggar kesepakatan yang dibuat di awal akad. Namun nominal penalti ini tidak tertuang di formulir penempatan pembukaan deposito sehingga nasabah merasa dirugikan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana PratikPenaltipadapencairanDeposito Mudharabahsebelumjatuh tempo di Bank Syariah Indonesia KCP Labuan? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadapbiayapenalti Deposito MudharabahdiBank Syariah Indonesia KCP Labuan? Tujuan Penelitain ini adalah: 1) Untuk mengetahui praktik penalti pada pencairan Deposito Mudharabah sebelum jatuh tempo diBank Syariah Indonesia KCP Labuan, 2) Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap biaya penalti Deposito Mudharabah sebelum jatuh tempodiBank Syariah Indonesia KCP Labuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang memiliki arti sama dengan penelitian lapangan (field research) yang mengkaji kesesuaian teori dan praktik yang terjadi di lapangan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan memakai analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu dengan tiga tahapan yang berkesinambungan, reduksi data, pemaparan data dan menyimpulkan dari semua data yang didapatkan. Berdasarkan hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa, praktik pengenaan penalti deposito mudharabah yang terdapat di Bank Syariah Indonesia KCP Labuan jika nasabah mencairkan deposito sebelum jatuh tempo berapapun nominal depositonya biaya penalti yang harus dikeluarkan nasabah sebesar Rp 25.000. Tinjauan hukum Islamterhadap biaya penalti deposito mudharabah di BSI KCP Labuan dengan melihat adanya penetapan biaya penalti sebesar Rp 25.000 dibolehkan dan harus sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. karena Bank menerapkan asas rela sama rela dan bersifat adil. adapunnominal penalti yang tidak dicatat di dalam akad sudah sesuaidenganFatwa DSN MUI NO:43/DSN- MUI/VIII/2004 Tentang Ganti Rugi (Ta’widh) yaitu bahwa besarnya ganti rugi ini tidak boleh dicantumkan dalam akad.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penalti, Deposito Mudharabah, Hukum Islam, BSI KCP Labuan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Mar 2024 03:17
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 04:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14322

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.