Pengaruh Karakteristik Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022

Yanti, Dewi (2023) Pengaruh Karakteristik Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
COVER DEWI 3 buku.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (603kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (522kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (527kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB)

Abstrak

Nama: Dewi Yanti, NIM: 191420100, Judul Skripsi: Pengaruh Karakteristik Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022. Kinerja keuangan menjadi faktor utama dalam menilai kinerja perbankan secara keseluruhan, kinerja keuangan digunakan sebagai gambaran kondisi keuangan pada bank syariah dari tahun sebelumnya maupun tahun yang akan datang apakah mengalami kenaikan atau penurunan. Untuk menilai kesehatan keuangan, bank syariah memerlukan peran Dewan Pengawas Syariah untuk mengawasi dan menilai kesehatan bank setiap tahunnya yang berdasar pada laporan kinerja keuangan bank syariah. Adapun Perumusan Masalah pada penelitian ini yaitu Apakah Karakteristik Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang terdiri dari Jumlah Anggota DPS, Pendidikan DPS, Rapat DPS dan Rangkap Jabatan DPS Berpengaruh Secara Parsial dan Simultan Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022?. Adapun Tujuan dari Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Karakteristik Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang terdiri dari Jumlah Anggota DPS, Pendidikan DPS, Rapat Tahunan DPS dan Rangkap Jabatan DPS Secara Parsial dan SimultanTerhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2018-2022. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi masing-masing BUS dan OJK. Metode Analisis data yang digunakan yaitu analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Pendidikan DPS secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA). Sedangkan variabel Jumlah Anggota DPS, Rapat DPS, dan Rangkap Jabatan DPS secara parsial tidak berpengaruh Signifikan Terhadap Kinerja Keuangan (ROA). Hasil pengujian Secara Simultan menunjukan bahwa Jumlah Anggota DPS, Pendidikan DPS, Rapat DPS, dan Rangkap Jabatan DPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Syaeful Bahri Pembimbing II: Yani Aguspriyani
Kata Kunci (keywords): Kinerja Keuangan, Dewan Pengawas Syariah, Return On Asset (ROA).
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Mar 2024 03:17
Perubahan Terakhir: 19 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.