Welfare State Indonesia Dalam Prespektif Ibnu Khaldun

Lisnawati, Ica (2023) Welfare State Indonesia Dalam Prespektif Ibnu Khaldun. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (484kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (504kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstrak

Nama: ICA LISNAWATI, NIM : 171120023, Judul Skripsi: Welfare State Indonesia Dalam Prespektif Ibnu Khaldun Negara kesejahteraan merupakan suatu model pembangunan sebuah negara yang difokuskan pada peningkatan kesejahteraan dan penyelenggaraan sistem perlindungan sosial yang melembaga bagi setiap warga negara sebagai cerminan dari adanya hak asasi manusia yaitu hak kewarganegaraan. Adapun kaitan hubungan antara pemikiran Ibnu Khaldun mengenai konsep negara kesejahteraan dengan konsep negara kesejahteraan di Indonesia tercermin dari rasa kesatuan yang sama sama ditekankan dalam hal ini menurut pemikirannya Ibnu Khaldun menekankan agar masyarakat menjalankan konsep Ashabiyah dimana konsep negara kesejahteraan ini diwujudkan dengan membangun kekuatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanan karakteristik negara kesejahteraan menurut Ibnu Khaldun? Dan 2) Bagaimana relevansi konsep negara kesejahteraan menurut pemikiran Ibnu khaldun dengan welfare state Indonesia?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui karakteristik negara kesejahteraan menurut Ibnu Khaldun. 2) Untuk mengetahui relevansi antara konsep negara kesejahteraan menurut pemikiran Ibnu khaldun dengan welfare state Indonesia. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian hukum yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder sebagai data penelitian konsep dan kasus utama serta menggunakan pendekataan undang – undang (statue approach) penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Konsep Negara kesejahteraan menurut pemikiran Ibnu Khaldun dapat terwujud melalui konsep Ashabiyah. Berawal dengan membangun kekuatan, kemudian berlanjut pada tercapainya kemenangan, bahkan sampai dalam tahap menjaga stabilitas sosial negara tersebut. 2) Namun ketika memudarnya ikatan Ashabiyah akan berpotensi melemahkan ketahanan akan negara tersebut dari gempuran musuh maupun gejolak internal, serta perubahan zaman yang semakin berkembang dengan berbagai pemikiran dan budaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr. H. Ahmad Zaini, SH., M.Si Pembimbing II: Dr. M. Zainor Ridho, S.Pd., M.Si.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.6 Hukum Peradilan/qodo’
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 08 Mar 2024 05:26
Perubahan Terakhir: 08 Mar 2024 05:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.