Dinamika Transformasi Negara Turki dari Khilafah menjadi Republik pada Masa Mustafa Kemal Attaturk Tahun 1918-1938

Nurhikmah, Fazar (2024) Dinamika Transformasi Negara Turki dari Khilafah menjadi Republik pada Masa Mustafa Kemal Attaturk Tahun 1918-1938. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_181350104_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_Lampiran Depan.pdf

Download (336kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (213kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_SPI_181350104_Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstrak

Kekuasaan Turki Utsmani yang semakin merosot memicu kemunculan paham-paham nasionalisme yang berujung pada gerakan revolusi. Kemunculan gerakan-gerakan revolusi ditubuh Turki dilatar belakangi oleh ketidak puasan rakyat turki terhadap kelemahan birokrasi para sultan yang lemah. Melihat situasi Negara turki yang semakin genting, membuat kaum reformasi ingin membatasi kekuasaan Sultan dengan membentuk konstitusi. Dari situasi dan kondisi inilah kemudian sosok Mustafa Kemal muncul dan kemudian menjadi pelopor penting revolusi Turki Modern dengan ide sekularismenya untuk mengganti kebijakan-kebijakan yang ada pada Negara Turki. Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana Riwayat Hidup Mustafa Kemal Attaturk ? (2) Bagaimana Upaya Pembaharuan Pada Masa Turki Utsmani ? (3) Bagaimana Transformasi Kebijakan Negara Turki Pada Masa Mustafa Kemal Attaturk ?. Tujuan dari dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui Biografi Mustafa Kemal Ataturk, (2) Untuk Mengetahui Upaya Pembaharuan Pada Masa Turki Utsmani (3) Untuk Mengetahui Transformasi Kebijakan Negara Turki Pada Masa Mustafa Kemal Attaturk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Dalam penelitian ini langkah-langkahnya adalah: Pemlihan Topik, Heuristik, Kritik atau verifikasi, interpretasi, dan Historiografi. Hasil Kesimpulan dari skripsi ini adalah: Mustafa Kemal adalah tokoh pembaharu Turki yang berkuasa selama 15 tahun. Ia lahir di Salonika pada tahun 1881 dan meninggal pada tahun 1938. Latar belakang pendidikanya adalah pendidikan militer dan ia adalah sosok yang jenius dalam dunia politik. Dialah bapak pendiri Negara Turki Modern yang digelari Attaturk, yang ingin memajukan Turki dengan meniru Barat sebagai model yang ideal. Hal ini disebabkan kemajuan barat yang pesat di segala bidang. Sebelum era revolusi Mustafa kemal di Turki, sudah muncul pemikiran-pemikiran dan upaya pembaharuan diantaranya adalah upaya gerakan Tanzimat, Usmani Muda dan Turki Muda yang mana semua tujuanya hampir sama yakni ingin menerapkan konstitusi di Negara Turki dan menyelamatkan Negara Turki dari kehancuran yang diakibatkan oleh merosotnya sistem birokrasi kesultanan Utsmani. Modernisasi yang dilakukan oleh Mustafa Kemal disebabkan oleh kemunduran Dinasti Turki Utsmani. Modernisasi yang dilakukan Mustafa Kemal bertujuan untuk memajukan dan membangkitkan Turki dengan pengha pusan sistem pemerintahan Islam dan unsur-unsur yang berhubungan dengan Islam. Sistem pemerintahan Khilafah diganti dengan sistem pemerintahan republic. Selain itu sistem pendidikan, sistem perekonomian, Sistem Agama dan sistem social dan budaya diganti dengan sistem modern. semua perubahan itu menyebabkan runtuhnya sistem pemerintahan Islam dan Mustafa Kemal dianggap telah mencabut akar dogmatism Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Mustafa Kemal Attaturk, Gerakan Pembaharuan, Transformasi Negara Turki
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.6 Perkembangan di berbagai negeri setelah 1800.
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2024 08:40
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.