Kisah Sultan Utsman Syah Dalam Naskah Bunga Rampai Berbagai Hikayat

Azizah, Hildatul (2024) Kisah Sultan Utsman Syah Dalam Naskah Bunga Rampai Berbagai Hikayat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_181350112_Cover.pdf

Download (168kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_Lampiran Depan.pdf

Download (555kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (765kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (508kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_SPI_181350112_Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstrak

Hikayat banyak ditemukan dalam bahasa Melayu, tetapi terdapat pula dalam bahasa lainnya. Hal ini karena hikayat merupakan karya sastra lama yang berasal dari Melayu, sehingga banyak ditulis dalam bahasa Melayu. Hikayat adalah salah satu jenis prosa yang berkembang tidak hanya di Indonesia tetapi juga negara-negara serumpun lainnya. Naskah yang berbentuk hikayat memiliki beberapa jenis sesuai dengan isi dari hikayat tersebut. oleh karena itu, perlu pengkajian mengenai isi hikayat tersebut agar bisa dikategorikan dalam jenis hikayat yang sesuai, sehingga informasi isi dapat tersampaikan dengan baik. Begitu pula pada naskah Bunga Rampai Berbagai Hikayat, khususnya pada hikayat Kisah Sultan Utsman Syah yang tersimpan dan menjadi koleksi Perpustakaan Negara Berlin. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Identifikasi Naskah Kisah Sultan Utsman Syah? (2) Bagaimana Suntingan Teks Naskah Kisah Sultan Utsman Syah? (3) Bagaimana Gambaran Isi dan Kontekstualisasi Naskah Kisah Sultan Utsman Syah?. Adapun penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui Identifikasi Naskah Kisah Sultan Utsman Syah (2) Mengetahui Suntingan Teks Naskah Kisah Sultan Utsman Syah (3) Mengetahui Gambaran Isi dan Kontekstualisasi Naskah Kisah Sultan Utsman Syah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian filologi. Tahapan dari metode filologi meliputi: inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transliterasi teks, edisi atau suntingan teks, terjemahan teks, dan analisis isi. Berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa Kisah Sultan Utsman Syah Dalam Naskah Bunga Rampai Berbagai Hikayat merupakan naskah yang membahas tentang kehidupan seorang Sultan Utsman Syah sebagai sultan Mughal. Hikayat Sultan Utsman Syah ini merupakan hikayat jenis rekaan karena tokoh tidak ada dalam realitas sejarah, tetapi hikayat ini juga gabungan dari sifat historis dan keagamaan. Karena nama-nama tempat yang diceritakan muncul dalam geografis, tokoh utamanya berkaitan dengan tokoh besar dalam sejarah, serta banyak nilai-nilai agama yang terkandung dalam hikayat tersebut. Adapun bentuk kesalahan yang ditemukan pada proses kritik teks yaitu berupa kesalahan: substitusi, omisi, adisi, transposisi. Hikayat Sultan Utsman Syah Dalam Naskah Bunga Rampai Berbagai Hikayat mengisahkan sultan Utsman Syah yang adil dan bijaksana, ia memiliki putera yang sama baiknya bahkan lebih baik darinya kelak ketika menjadi penerusnya sebagai sultan Mughal. Hal itu tidak lepas dari pengajarnya terhadap puteranya tersebut. Nilai yang terkandung dalam hikayat Sultan Utsman Syah adalah nilai moral, nilai agama, nilai sosial, dan nilai budaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): naskah, hikayat, sultan Utsman Syah
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.7 Biografi tokoh-tokoh / pemuka-pemuka Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2024 07:12
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 07:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.