Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Pemerintahan Sultan Orkhan Tahun 1326 – 1359 M

Anggraeni, Mila (2024) Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Pemerintahan Sultan Orkhan Tahun 1326 – 1359 M. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_181350074_Cover.pdf

Download (460kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (520kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (483kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_SPI_181350074_Daftar Pustaka.pdf

Download (958kB)

Abstrak

Umat Islam telah mengalami perjalanan panjang pasang surut. Setelah runtuhnya Dinasti Abbasiyah di Baghdad. Kekuatan politik Islam mengalami kemunduran yang sangat drastis. Namun tidak menunggu waktu cukup lama, kemudian keadaan politik Islam berangsur membaik dan pulih bersamaan munculnya tiga Dinasti besar salah satunya Dinasti Turki Utsmani. Dinasti Turki Utsmani secara berurutan diperintah oleh 37 penguasa terbagi lima periode pemerintahan. Penelitian ini membahas tentang pemerintahan Sultan Orkhan penguasa kedua dari periode pertama. Selama pemerintahannya Sultan Orkhan cukup mampu mengembangkan Dinasti Turki Utsmani baik dari segi politik pemerintahan, ekonomi dan pendidikan setelah kepemimpinan ayahnya Utsman. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi yang berjudul Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Pemerintahan Sultan Orkhan Tahun 1326 – 1359 M adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana Sejarah Berdirinya Dinasti Turki Utsmani? 2). Bagaimana Biografi Sultan Orkhan? 3). Bagaimana Perkembangan Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Pemerintahan Sultan Orkhan? Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode sejarah sebagai langkah yang dilakukan dalam penelitian. Melalui tahapan sebagai berikut : Pertama, Heuristik pada tahapan heuristik ini penulis menggunakan pendekatan (Library Research) yaitu kepustakaan. kedua, Verifikasi, Ketiga, Interpretasi dan Keempat. Historiografi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dinasti Turki Utsmani merupakan salah satu Dinasti yang muncul setelah runtuhnya Dinasti Abbasiyah oleh serangan tentara Mongol. Utsman merupakan pendiri Dinasti Turki Utsmani sekaligus sultan pertama yang memerintah. Ada beberapa faktor pendukung berdirinya Dinasti Utsmani yakni politik, agama atau dakwah dan ekonomi. Setelah Utsman wafat pemerintahan Dinasti Turki Utsmani di serahkan kepada Sultan Orkhan pada tahun 1326 Masehi. Sultan Orkhan merupakan seorang pemimpin yang bermartabat, baik hati, berani, sabar, adil terhadap rakyatnya dan religius. Kepemimpianan Sultan Orkhan mampu membuat Dinasti Turki Utsmani mengalami perkembangan. Adapun perekembangan pemerintahnya yang dicapai dari segi politik pemerintahan diantaranya perluasan wilayah, hampir semua daerah pantai Marmora termasuk Iznik, Izmit dapat ditaklukan. Sultan Orkhan memperluas daerahnya ke timur Anatolia, dengan menaklukan Ankara. Selain itu Sultan Orkhan melakukan Invasi pertama ke wilayah Eropa dengan menaklukan Gillipoli yang memiliki benteng-benteng utama dan membuka jalan bagi penguasa setelahnya untuk menaklukan Konstatinopel, membentuk dewan wazir, pemimpin pertama menggunakan gelar Sultan, membentuk pasukan resmi bernama Al-Inkisyariyah, menjalankan proyek percetakan mata uang negara dan membangun madrasah atau lembaga pendidikan pertama Dinasti Turki Utsmani.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dinasti Turki Utsmani, Pemerintahan, Sultan Orkhan
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2024 06:59
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 06:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.