Implementasi Nilai-nilai Multikultural dan Model Penanamannya Terhadap Kepribadian Siswa di Pondok Pesantren Daar-el-Qolam Gintung Jayanti Tangerang

Anwar, Syaiful (2024) Implementasi Nilai-nilai Multikultural dan Model Penanamannya Terhadap Kepribadian Siswa di Pondok Pesantren Daar-el-Qolam Gintung Jayanti Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_182101149_Cover.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Lampiran Depan.pdf

Download (478kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Bab I.pdf

Download (599kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (790kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (852kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Bab V.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
T_PAI_182101149_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui model penanaman nilai- nilai multikultural di Pondok Pesantren Daar El Qolam. 2) mengetahui implementasi nilai-nilai multikultural yang terdapat di Pondok Pesantren Daar El Qolam.3) mengetahui dampak penanaman dan implementasi nilai-nilai multikultural terhadap terhadap kepribadian siswa di Pondok Pesantren Daar El Qolam. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber penelitian adalah pimpinan,pondok pesantren, kepala bagian pengasuhan, kepala bagian ibadah, kepala sekolah, guru/pengajar dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Temuan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat di Pondok Pesantren daar el-Qolam adalah metode keteladanan dan metode pembiasaan, Dampak dari penanaman pendidikan multikultural ini tumbuhnya sikap saling toleransi, menghormati dan menerima pemdapat orang lain, saling bekerjasama tidak bermusuhan dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, Bahasa, adat istiadat .Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk Pondok pesantren Daar el-Qolam khususnya dan juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan lainnya sehingga pendidikan multikultural dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Multikultural, Pondok Pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 05 Mar 2024 08:42
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 09:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.