Sinonimitas (Mutaradif) dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kata Bala dan Musibah dalam Tafsir Al-Mizan Karya Tabataba'i)

Nabila, Sofia Nurun (2024) Sinonimitas (Mutaradif) dalam Al-Qur'an (Studi Analisis Kata Bala dan Musibah dalam Tafsir Al-Mizan Karya Tabataba'i). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320087_Cover.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Lampiran Depan.pdf

Download (893kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Bab I.pdf

Download (338kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (722kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (937kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Bab V.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_IAT_191320087_Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstrak

Sinonim atau mutara>dif dalam al-Qur’an adalah setiap kata yang memiliki makna atau arti yang sama. Hal ini menjadi perdebatan para ulama, mengenai keberadaannya dalam al-Qur’an. Beberapa ulama menyepakatinya dan yang lainnya menolaknya. Salah satu kata yang sering dianggap sinonim dikalangan masyarakat adalah kata bala<’ dan mus}i<bah. Kedua kata ini sering dimaknai dengan ujian atau cobaan yang diberikan oleh Allah kepada hambanya, berupa bencana dan kemalangan lainnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penulisan ini ialah: 1. Bagaimana pandangan teoritis tentang sinonimitas (mutara>dif)? 2. Bagaimana sinonimitas (mutara>dif) pada kata bala>’ dan mus}i>bah dalam al-Qur’an? 3. Bagaimana penafsiran T}abat}aba>’i? Tujuan dari penelitian ini yakni: 1.Untuk mengetahui bagaimana pandangan teoritis tentang sinonimitas (mutara>dif) dalam kajian Tafsir al-Qur’an 2. Untuk mengetahui bagaimana sinonimitas (mutara>dif) pada kata bala>’ dan mus}i>bah? dalam al-Qur’an. 3. Untuk mengetahui penafsiran T}abat}aba>’imengenai kata bala<’ dan mus}i<bah dalam al-Qur’an. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data dari iberbagaii imacami ibuku, ikitabi idan lainisebagainya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian kali ini sumber primer tersebut berasal dari buku Al-Mi>za>n fi> tafsi>r al-Qur’an. Kemudian data tersebut akan dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kata bala<’ dan mus}i<bah yang terdpat dalam al-Qur’an mempunyai makna yang berbeda. Menurut penafsiran T}abat>}aba>’i dalam kitabnya Tafsi>r al-Mi>za>n, kata bala>’ bermakna penderitaan, siksaan, cobaan, kemenangan dan kenikmatan. Kemudian, makna dari mus>}ibah adalah sesuatu ataupun peristiwa yang menyakitkan, kekalahan, penderitaan yang buruk, bencana, azab, malapetaka dan kecelakaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sinonimitas al-Qur’an, T}abat}aba’i, Bala<’, Mus}i<bah
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 05 Mar 2024 08:05
Perubahan Terakhir: 05 Mar 2024 08:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.