Pola Pembentukan Keluarga Sakinah Melalui Pembelajaran Kitab Uqudullujain (Studi Kasus di Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten)

Maulani, Irpan (2024) Pola Pembentukan Keluarga Sakinah Melalui Pembelajaran Kitab Uqudullujain (Studi Kasus di Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_181110067_Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Bab I.pdf

Download (781kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (682kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (846kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (600kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Bab V.pdf

Download (368kB)
[img] Teks
S_HKI_181110067_Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)

Abstrak

Pembentukan keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah merupakan sebuah keluarga yang diinginkan oleh setiap orang yang sudah menikah. Tujuan dari sebuah perkawinan dan penerapan hak dan kewajiban suami istri, terlepas dari itu semua, untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah, langkah awal yang harus di tempuh adalah membekali pengetahuan tentang rumah tangga, banyak kitab-kitab yang membahas mengenai rumah tanggaa salah satunya kitab Uqudullujain, kitab yang membahas mengenai etika berumah tangga. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah. 1) Bagaimana pembelajaran kitab Uqudullujain dilaksanakan di masyarakat Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten, 2) Bagaimana pemahaman masyarakat mengenai pola pembentukan keluaga sakinah melalui pembelajaran kitab Uqudullujain. Tujuan dari sekripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kitab uqudullujain di ajarkan kepada masyarakat Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten. 2) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat dalam membentukan keluaga sakinah dan apa saja hak dan kewajiban suami istri menurut kitab Uqudullujain Metode penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif, denggan fled riset mengumpulkan data-data akurat yang berhubungan dengan cara wawancara dengan 10 responden yang terkait. wawancara di lakukan dengan Masyarakat Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran kitab Uqudullujain yang diadakan di majlis talim Desa Kadubungbang, salah satu faktor yang membuat keberhasilan dalam majlis ta'lim adalah metode yang digunakan mu'allim dalam menyampaikan materi kajian. Adapun penyampaian materi yang dilakukan dengan berbagai metode yang digunakan masih tergolong tradisional, yaitu: ceramah, halaqoh, dan mudzakarah/Tanya jawab 2) pemahaman masyarakat setelah mengikuti kajian kkitab Uqudullujain mengenai pembentukan keluarga sakinah, dengan diadakannya kajian kitab mengenai urusan rumah tangga tentunya menjadi salah satu penunjang untuk mewujudkan keluarga sakinah baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keluarga Sakinah, Pembelajaran Kitab Uqudullujain
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2024 06:58
Perubahan Terakhir: 27 Feb 2024 06:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.