Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Bongkaran Rumah Secara Borongan (Studi Kasus di Toko Herbis, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang)

Aldiansyah, Muhamad Yusuf (2024) Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Bongkaran Rumah Secara Borongan (Studi Kasus di Toko Herbis, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130051_Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_Lampiran Depan.pdf

Download (811kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (577kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (518kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Teks
S_HES_191130051_Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB)

Abstrak

Pada umumnya jual beli sah atau diterima ketika memenuhi syarat yaitu barang dapat diserahkan setelah kesepakatan akad, barang yang diperjualbelikan milik sendiri, barang yang diperjualbelikan harus diketahui kualitas, berat, takaran dan ukuran supaya tidak menimbulkan keraguan. Banyak pendapat lain juga yang mengatakan syarat sah jual beli borongan adalah barang yang dijual berupa barang yang sejenis, tidak dicampuri oleh barang yang lain. Misalnya, jual beli padi. Maka yang diperjualbelikan objek barangnya itu padi, bukan termasuk gabah. Dan syarat sah jual borongan yang terakhir adalah kedua belah pihak antara penjual dan pembeli yang berakad menentukan takaran barang yang hendak dibelinya. Takaran yang dimaksud dalam kebiasaan orang Indonesia seperti: kilogram, literan dan lain sebagainya Jual beli secara borongan dapat dijalankan dengan syarat kesepakatan antara para pihak, barang tersebut adalah milik si penjual tanpa perantara orang lain, dan barang yang dijual harus diketahui apakah baik barangnya atau tidak ada kecacatan dalam fisik barang tersebut, berat barang tersebut dari timbangan Kilogram ataupun Ton sebagaimana telah disepakati, takaran barang yang diperjualbelikan berapa banyak jumlahnya, serta ukuran barang yang diperjualbelikan seberapa panjang ataupun lebar dari jenis barang tersebut Berdasarkan hasil pemaparan masalah diatas, berikut permasalahan yang akan penulis teliti: 1.) Bagaimana praktik jual beli bongkaran rumah secara borongan di Toko Herbis? 2.) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli bongkaran rumah secara borongan di Toko Herbis? Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1.) Untuk mengetahui praktik jual beli bongkaran rumah secara borongan yang dilakukan oleh Toko Herbis. 2.) Untuk mengetahui Tinjauan hukum Islam tentang praktik jual beli bongkaran rumah secara borongan yang dilakukan oleh Toko Herbis. Metode penelitian dalam penulisan skripsi adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian empiris menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan sumber data sekunder dari studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan hasil dari pengelolaan data setelah dibaca, ditelaah dan dipelajari terhimpun dari hasil wawancara Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli bongkaran rumah secara borongan oleh Toko Herbis Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang tetap sah, sebagaimana memperbolehkan jual beli borongan oleh Syekh Jalaluddin Al-Mahally dalam kitabnya Al-Mahally „ala Minhaji al-Thalibin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Secara Borongan, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2024 04:45
Perubahan Terakhir: 27 Feb 2024 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.