Peran Dakwah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indinesia (KAMMI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam Gerakan Kepedulian Sosial Masyarakat di Lingkungan Desa Pancanegara Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Banten

Sholehudin, Ahmad (2024) Peran Dakwah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indinesia (KAMMI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam Gerakan Kepedulian Sosial Masyarakat di Lingkungan Desa Pancanegara Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510096_COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (595kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (403kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (897kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_KPI_191510096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Desa binaan merupakan salah satu program dari KAMMI UIN SMH Banten. Desa binaan menjadi salah satu alternatif untuk kegiatan berdakwah bagi anggota KAMMI UIN SMH Banten.bersosialisasi dengan masyarakat serta ikut kontribusi dalam bidang pendidikan dan bidang sosial dengan membantu proses belajar anak-anak di desa binaan. Sebagai organisasi ekstra kampus yang berbasis Muslim tentunya mempunyai program-program dakwah mengenai kepedulian sosial masyarakat yang mana hal ini mengacu pada salah satu dari tujuh filosofi gerakan KAMMI yaitu paradigma gerakan KAMMI. Kegiatan dakwah sosial ini dilakukan oleh departemen sosial masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran dakwah KAMMI UIN SMH Banten dalam gerakan kepedulian sosial masyarakat di Desa Pancanegara Pabuaran Serang Banten? 2) Bagaimana bentuk dakwah yang dilakukan oleh pengurus KAMMI UIN SMH Banten sehingga berjalan dengan efektif di lingkungan Desa Pancanegara Pabuaran Serang Banten? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dakwah KAMMI UIN SMH Banten dalam gerakan kepedulian sosial masyarakat di lingkungan Desa Pancanergara Kecamatan Pabuaran Serang Banten? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana peran dakwah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UIN SMH Banten dalam gerakan kepedulian sosial masyarakat di lingkungan Desa Pancanegara Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Banten (2) untuk mengetahui bagaimana bentuk dakwah yang dilakukan oleh pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UIN SMH Banten sehingga dapat berjalan efektif di lingkungan Desa Pancanegara Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Banten (3) untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dakwah gerakan kepedulian sosial masyarakat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UIN SMH Banten di lingkungan Desa Pancanegara Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Banten. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) KAMMI berperan sebagai : a).fasilitator seperti memfasilitasi kegiatan KBM. b) Pendidik, seperti memberikan ilmu pengetahuan umum. c) Motivator, seperti memberikan motivasi agar anak – anak giat belajar. d) Pendakwah, seperti memberikan atau mengajarkan tentang ilmu agama Islam. 2). Bentuk dakwah yang dilakukan yaitu billisan dan bilhal. Dakwah billisan seperti mengadakan TBM dan dakwah bilhal yaitu mengadakan santunan anak yatim dan sedekah daging. 3) Faktor pendukung yaitu adanya mitra dari lembaga sosial seperti astra, BUMN, LAZ Harfa, dan Rumah Kami Peduli, serta dukungan dari masyarakayt setempat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarama prasarana dan belum menemukan konsep pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah, KAMMI UIN SMH Banten, Kepedulian Sosial, Peran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 03:16
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.