Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al-Hidayah Ciomas dalam Membentuk Karakter Santri yang Berakhlakul (Studi pada Pondok Pesantren Al-Hidayah Ciomas)

Artabili, Muhamad Yusuf (2024) Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al-Hidayah Ciomas dalam Membentuk Karakter Santri yang Berakhlakul (Studi pada Pondok Pesantren Al-Hidayah Ciomas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510059_Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Lampiran Depan.pdf

Download (467kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Bab I.pdf

Download (422kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (231kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (98kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Bab V.pdf

Download (134kB)
[img] Teks
S_KPI_191510059_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstrak

Dakwah merupakan kegiatan orang beriman kepada Allah SWT dalam bidang kemasyarakatan (sebagai manifestasi aqidah), diwujudkan dalam sistem kegiatan yang dilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara berfikir, bersikap, dan bertindak bagi manusia. Dalam mengupayakan terwujudnya kehidupan individual dan masyarakat yang makmur, adil, dan bahagia di akhirat nanti. Dalam pelaksanaan dakwah tersebut perlu memiliki metode atau strategi agar dapat terlaksana tujuan dakwah dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi dakwah yang diterapkan pondok pesantren al-hidayah ciomas dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah ? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan strategi dakwah pondok pesantren al-hidayah dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah ? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi dakwah yang diterapkan pondok pesantren al-hidayah ciomas dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan strategi dakwah pondok pesantren al-hidayah ciomas dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deksriptif dengan pendekatan yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi dakwah pondok pesantren dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah dilakukan dengan berbagai metode yaitu Tazkiyatun Nafs, Tarbiyah Dzatiyah, Halaqoh Tarbawiyah meliputi : Kegiatan Rutin Mingguan, Kegiatan Rutin Bulanan, Kegiatan Rutin Tahunan. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan strategi dakwah pondok pesantren al-hidayah ciomas dalam membentuk karakter santri yang berakhlakul karimah sebagai berikut : Adapun faktor pendukung dari penelitian ini yaitu: Letak strategis, fasilitas yang memadai, dukungan masyarakat, pendidik. Faktor penghambat yaitu. Adanya sebagian santri yang sulit di didik, beberapa orang tua yang kurang sopan terhadap pengurus saat akan menjenguk anaknya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Dakwah, Akhlakul Karimah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 02:08
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.