Strategi Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Mengimplementasikan Moderasi Beragama di Banten

Ahmadudin, Ujang (2024) Strategi Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Mengimplementasikan Moderasi Beragama di Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510076_COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (422kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (227kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (808kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Teks
S_KPI_191510076_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstrak

Masih bergejolaknya aksi intoleran di masyarakat dapat mengancam keharmonisan umat beragama yang menyebabkan berbagai ketimpangan dalam berbangsa dan bernegara. Maka, untuk menghadapinya dibutuhkan gerakan sosial berkepenjangan. Apa yang diupayakan oleh FKUB Banten hinngga saat ini adalah suatu gerakan yang nyata yang didukung oleh berbagai afiliasi yang membentuk kolaborasi aksi sosial melawan intoleran di Provinsi Banten. Berbagai strategi yang dicanangkan FKUB tentu merupakan upaya agar FKUB dapat memperluas gerakan anti intoleran dan mempercepat implementasi moderasi beragama di wilayah banten dalam bermedia, bermasyarakat, berbangsa dan bernegaram. Berdasarkan latar belakang diatas, kemudian timbul rumusan permasalahan sebagai berikut: 1) Apa strategi komunikasi FKUB dalam mengimplementasikan moderasi beragama di provinsi Banten? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat FKUB dalam mengimplementasikan moderasi beragama di provinsi Banten?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis strategi komunikasi FKUB dalam mengimplementasikan moderasi beragama di provinsi Banten 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat FKUB dalam mengimplementasikan moderasi beragama di provinsi Banten. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Serta teori pada penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Midellton dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan FKUB dalam mengimplementasikan moderasi beragama di provinsi Banten adalah 1) Terlaksananya aksi kolaborasi antar pemuka agama, terbentuknya konstitusi moderasi beragama, dan besarnya kemitraan FKUB baik dengan lembaga atau organisasi masyarakat hingga keterlibatan anggota FKUB di kabupaten/ kota yang semakin bertambah yang dapat mempercepat sosialisasi dan implementasi moderasi beragama di wilayah Banten. 2) Kurangnya pemerataan sosialisasi moderasi beragama, penguatan payung hukum moderasi beragama dan fanatisme masyarakat akan golongann tertentu beragama sehingga menyebabkan masih banyak terjadi kasus-kasus intoleran di wilayah Banten. Sejak diresmikan hingga saat ini FKUB Banten terus berkomitmen untuk membumikan nilai-nilai moderasi beragama baik dalam berbangsa dan bernegara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, FKUB, Moderasi Beragama
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 22 Feb 2024 08:46
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.