Pemikiran KH. Ahmad Dahlan: Tonggak Pembaharuan Pendidikan di iIndonesia

Saepudin, Asep and Gunwan, Agus and Muhajir, Muhajir Pemikiran KH. Ahmad Dahlan: Tonggak Pembaharuan Pendidikan di iIndonesia.

[img] Teks
Asep S_PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN TONGGAK PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA.docx

Download (47kB)
[img] Gambar
Review Details.jpg

Download (78kB)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pemikiran KH. Ahmad Dahlan dalam usaha pemperbaharui corak pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan kajian pustaka atau penelitian perpustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan book research atau studi kepustakaan yaitu mengkaji kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan dengan materi studi dalam artikel ini seperti buku dan artikel ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan kontribusinya dalam memperbaharui corak pendidikan di Indonesia, sehingga lahirlah lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah yang berkembang sampai saat ini. Hasil penelitian ini adalah buah pemikiran K.H Ahmad Dahlan yang corak pemikirannya menjadi dasar pembaharuan pendidikan Islam yang pada saat itu masih tertinggal dan sampai saat inipun dasar pemekirannya mempunyai pengaruh besar dalam berbagai lembaga pendidikan khususnya Islam di Indonesia. Selain keberhasilan beliau dalam bidang kesehatan, sosial dan politik juga berhasil dalam pembaharuan di bidang pendidikan. Sektor pembaharuannya dimulai dari dasar pembaharuan pendidikan, tujuan, kurikulum dan metode pendidikan.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Pembaharuan, Pendidikan Islam Indonesia, KH. Ahmad Dahlan
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2024 08:37
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.