The Relationship Of Ethics And Politics From Al-Farabi's Perspective In The Philosophy Of Islamic Education

Safitri, Fezi and Gunawan, Agus and Muhajir, Muhajir (2023) The Relationship Of Ethics And Politics From Al-Farabi's Perspective In The Philosophy Of Islamic Education. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, Vol.4. pp. 132-150. ISSN ISSN: 2723-4894 (cetak), ISSN: 2723-4886 (daring)

[img] Teks
Jurnal+Rusydiah_Fezi+Safitri+UIN+Banten.pdf

Download (374kB)
[img] Teks
Jurnal Rusydiah_Fezi Safitri UIN Banten.docx

Download (84kB)

Abstrak

Filsafat pendidikan islam memiliki peranan penting dalam membentuk pemimpin yang bermoral. Melalui pendidikan yang tepat individu dapat mengembangkan akal budi dan moralitas yang diperlukan untuk memimpin dengan bijaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan etika dan Politik perspektif Al farabi dalam filsafat pendidikan Islam. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didasarkan pada riset pustaka (library research) yakni proses pengidentifikasian secara sistematis penemuan-penemuan dan analisis dokumen-dokumen yang memuat informasi yang berkaitan dengan masalah penelitian. Al-Farabi termasuk tokoh filsuf awal yang concern pada konsep etika. AlFarabi adalah penerus tradisi intelektual al-Kindi, tetapi kompetensi, kreativitas, kebebasan berfikir, dan tingkat sofistikasinya lebih tinggi lagi. kitab Ara Ahl Al-Madinah Al-Fadhilah mengarah kepada pembahasan tentang politik, tetapi esensi dari keduanya sesungguhnya adalah berbicara tentang etika yaitu etika bernegara sehingga sebuah bangsa bisa menjadi bangsa yang ideal dan sesuai dengan visi Islam. Tujuan akhirnya yaitu kebahagiaan masyarakat atau kebahagiaan sosial akan terwujud.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Etika, Politik, Al-Farabi, Filsafat Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2024 08:37
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.