Perbandingan Corak Pemikiran Pendidikan Tasawuf Al-Ghazali dan Sayyed Hossein Nasr

Abas, Ahmad Sirojudin and Gunawan, Agus and Muhajir, Muhajir (2023) Perbandingan Corak Pemikiran Pendidikan Tasawuf Al-Ghazali dan Sayyed Hossein Nasr. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, Vol.3. ISSN e-ISSN 2808-4128 P-ISSN 2809-2783

[img] Teks
Perbandingan Corak Pemikiran Pendidikan Tasawuf Al-Ghazali dan Sayyed Hossein Nas.pdf

Download (377kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengingat kembali pemikiran Imam Al-Ghazali dan Sayyed Hossen Nasr dan berusahan membandingkan corak pemikiran tasawufnya dalam bidang pendidikan. Penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai prosedur yang ada. Kesimpulannya bahwa Al-Ghazali dan Sayyid Hossein Nasr merupakan tokoh yang sangat berpengaruh didunia pendidikan kedunya memiliki corak pemikiran taswuf yang tidak begitu jauh berbeda, keduanya mampu menempatkan tasawuf secara seimbang, Al-Ghazali menempatkan syariat dan taswuf secara sejajar sehingga keduanya saling menguatkan, begitu juga Sayyed Hossein Nasr. sehingga taswuf keduanya mempengaruhi corak berfikir dalam bidang pendidikan, hanya saja Al-Ghazali mendapatkan pemahaman mendalam dalam bidang taswuf setelah ia melakukan pengamalan secara langsung setelah melakukan ujlah yang pada akhirnya menyelami dunia sufi sampai akhir hayatnya, sedangkan Sayyed Hossein Nasr mendalami Tasawuf dengan melakukan kajian ilmiah, melihat kesenjangan yang ada pada manusia modern, yang kehilangan ruh spiritualnya

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Corak Pemikiran, Pendidikan Tasawuf, Al-Ghazali, Sayyed Hossein Nas
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2024 08:37
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.