Penerapan Nilai Sosial dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan di dalam Keluarga untuk usia 5-6 Tahun di Desa Buniayu KabupatenTangerang

Halimatunsa’diah, Halimatunsa’diah (2024) Penerapan Nilai Sosial dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan di dalam Keluarga untuk usia 5-6 Tahun di Desa Buniayu KabupatenTangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_171260034_Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_Lampiran Depan.pdf

Download (645kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (252kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (213kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260034_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstrak

Peranan lingkungan sosial memiliki peranan penting terhadap pembetukan sikap peduli lingkungan terhadap anak usia dini. Orang tualah yang memiliki peranan sangat penting dalam hal ini, karena orang tua merupakan individu yang dikenal oleh anak pertama kali. Melalui penerapan yang baik dan tepat tentu akan terbentuk nilai sosial pada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan di beberapa kampung yang ada di Desa Buniayu KabupatenTangerang. Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengetahui upaya meningkatkan nilai sosial dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di dalam Keluarga, untuk mengetahui penerapan kepedulian sosial anak di dalam keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai sosial dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan di dalam keluarga. Objek penelitiannya adalah lima keluarga yang memiliki kriteria sesuai dengan pedoman observasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis datanya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, data display dan yang terakhir penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan nilai sosial dalam menumbuhkan siskap peduli lingkungan di dalam keluarga cukup optimal di Desa Buniayu. Penerapan nilai sosial anak di Desa Buniayu sudah terbentuk dengan baik. Dengan penerapannya melalui kegiatan yang dilakukan sehari-hari, seperti dengan mengajarkan anak untuk tolong-menolong, bertanggung jawab, disiplin, membuang sampah pada tempatnya, mencintai dan merawat tanaman, bekerjasama dengan baik, dan selalu bersikap adil. Dan terdapat faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukungnya adalah pendidikan tinggi yang di tempuh orang tua, dan kondisi ekonomi yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya pendidikan orang tua, rendahnya kondisi ekonomi, serta kepribadian yang tidak baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai sosial, peduli lingkungan, anak usia dini
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Feb 2024 07:25
Perubahan Terakhir: 16 Feb 2024 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14118

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.