Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak (Studi di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Serang-Banten)

Reihan, Aldi (2024) Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak (Studi di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_153400525_Cover.pdf

Download (173kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_Lampiran Depan.pdf

Download (399kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (203kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Teks
S_BKI_153400525_Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstrak

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam baik di dunia maupun di akhirat. Apabila berpedoman dengan Al-Qur’an dalam setiap gerak dan langkah, maka hidup akan terarah pada kebaikan dan jauh dari kemungkaran karena itu sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk mempelajari Al-Qur’an. Tapi realitanya kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak di Kampung Nagreg Desa siketug Kec. Ciomas Serang-Banten masih rendah. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Tingkat Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an anak di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang-Banten? 2)Bagaimana Bimbingan Kelompok diterapkan untuk meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an pada anak di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang-Banten? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang-Banten. 2) Untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok diterapkan untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an pada anak di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang-Banten. Metode yang digunakan adalah metode jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan bimbingan kelompok dan memakai teknik Behavior chart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitiaan dilakukan mulai juli sampai agustus 2020. Jumlah Responden pada penelitiaan ini berjumlah 5 orang. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kondisi kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak di Kampung Nagreg masih ren dah. rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an ini karena berbagai indikator kemampuan membaca anak menurut Steinberg, di antaranya: tidak ada timbulnya kesadaran terhadap tulisan, dan tidak bisa membaca lancar. 2) Proses penerapan bimbingan kelompok dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan jumlah responden 5 anak di Kampung Nagreg Desa Siketug. Dalam proses penerapan bimbingan kelompok ini dilakukan tahapan-tahapan yang sesuai dengan pedoman bimbingan kelompok. Setelah melaksanakan bimbingan kelompok, para responden yang berada di Kampung Nagreg Desa siketug mengalami peningkatan dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Peningkatan itu terlihat dari sejauh mana pencapaian baca tulis Al-Qur’an dalam Behavior chart.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Kelompok, Behavior chart, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2024 06:32
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.