Pendampingan Peningkatan Kreativitas Anak Yatim dan Dhuafa di Rumah Pintar Al-Ikhlas Taman Graha Asri Melalui Pembuatan Ekoenzim dari Pemanfaatan Sampah Organik (Di Kelurahan Kota Baru, kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten)

Nadia, Salimatu (2024) Pendampingan Peningkatan Kreativitas Anak Yatim dan Dhuafa di Rumah Pintar Al-Ikhlas Taman Graha Asri Melalui Pembuatan Ekoenzim dari Pemanfaatan Sampah Organik (Di Kelurahan Kota Baru, kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530093_Cover.pdf

Download (133kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_Lampiran Depan.pdf

Download (714kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_PMI_191530093_Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)

Abstrak

Tulisan ini mengkaji tentang pemberdayaan anak yatim dan dhuafa di Rumah Pintar Al Ikhlas Taman Graha Asri untuk meningkatkan kreativitas mereka melalui pembuatan ekoenzim dari pemanfaatan sampah organik. Pada tulisan ini dipaparkan berbagai tujuan, yaitu 1) Memfasilitasi kegiatan pelatihan peningkatan kreativitas anak yatim dan dhuafa di Rumah Pintar Al-Ikhlas Taman Graha Asri, 2) Mengedukasi anak yatim dan dhuafa di Rumah Pintar Al-Ikhlas Taman Graha Asri tentang pentingnya menjaga lingkungan serta pemanfaatan dan pengolahan sampah organik menjadi ekoenzim, 3) Anak yatim dan dhuafa mampu memanfaatkan sampah organik menjadi produk ekoenzim. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Partcipatory Learning and Action (PLA) dengan pendekatan pembelajaran yang melibatkan suatu komunitas yaitu Yayasan Rumah Pintar Al-Ikhlas Taman Graha Asri. PLA merupakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang memiliki sifat unggul baik dari segi filosofis maupun segi nilai aksi dengan cara mengutamakan pada proses belajar yang dilakukan secara bersama-sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, FGD, wawancara, serta dokumentasi. berdasarkan pada pemaparan diatas, maka keluaran dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: 1) Meningkatkan kreativitas anak yatim dan dhuafa dalam bidang keterampilan membuat produk ekoenzim, 2) Anak yatim dan dhuafa mampu mengolah sampah organik melalui pembuatan produk ekoenzim, 3) Anak yatim dan dhuafa mampu memanfaatkaan sampah organik menjadi produk ekoenzim. Dari hasil pendampingan ini dapat diambil kesimpulan bahwasannya program pemberdayaan ini berhasil meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang konsep ekoenzim, pengelolaan sampah organik, pentingnya menjaga lingkungan, serta mereka juga memiliki keterampilan praktis dalam membuat ekoenzim. lebih dari itu, anak-anak yang telah mengikuti program ini pun telah membawa perubahan positif dalam lingkungan sekitar mereka. Mereka menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah organik dan daur ulang, yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selain membawa perubahan positif, program ini membantu membentuk karakter anak-anak melalui contoh yang baik dan mendukung perkembangan empati. Mereka belajar tentang nilai-nilai penting seperti kebersihan, kreativitas, dan tanggung jawab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Anak Yatim, Peningkatan Kreativitas , Ekoenzim
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 362 Masalah kesejahteraan sosial & jasa
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2024 06:32
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 03:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.