Hayati, Muaimah (2024) Kontribusi Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes Pasca Orde Baru Tahun 1998 – 2022 M. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_SPI_191350078_Cover.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350078_Lampiran Depan.pdf Download (425kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350078_Bab I.pdf Download (278kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_SPI_191350078_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (358kB) |
||
Teks
S_SPI_191350078_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (636kB) |
||
Teks
S_SPI_191350078_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (756kB) |
||
|
Teks
S_SPI_191350078_Bab V.pdf Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350078_Daftar Pustaka.pdf Download (152kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Berdirinya Mathla’ul Anwar dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat Menes dengan tingkat buta huruf yang cukup tinggi dan juga rendahnya tingkat pengetahuan pendidikan Islam. Kondisi masyarakat yang memprihatinkan tersebut, menimbulkan rasa semangat para Kiyai Menes untuk memperjuangkan hak dan martabat masyarakat pribumi. Sehingga, para Kiyai Menes meresponnya dengan mengadakan musyawarah dan melahirkan madrasah di Menes yaitu Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes. Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes menjadi tempat menimba ilmu khususnya pendidikan Islam. Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes berkontribusi dalam bidang pendidikan, keagamaan dan sosial, sehingga sumbangsihnya dapat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat Menes sejak berdirimya tahun 1916 hingga sekarang. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Kondisi Objektif Menes Pandeglang Pasca Orde Baru?, 2). Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat?, 3). Bagaimana Kontribusi Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes Terhadap Masyarakat?. Adapun tujuannya adalah Untuk Mengetahui Kondisi Objektif Menes Pandeglang Pasca Orde Baru, Untuk Mengetahui Sejarah dan Perkembangan Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes, Untuk Mengetahui Kontribusi Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes Terhadap Masyarakat. Dalam Skripsi ini, Peneliti menggunakan metode penelitian Sejarah menurut Kuntowijoyo yang meliputi lima tahapan, yaitu Pemilihan Topik, Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik), Interpretasi (penafsiran) dan Historiografi (penulisan). Hasil dari skripsi ini adalah Menes menjadi kota bersejarah Pendidikan Islam dengan lahirnya Mathla’ul Anwar tahun 1916. Mathlaul Anwar Pusat Menes memberikan dampak besar terhadap Masyarakat Menes mulai dari awal berdirinya hingga sekarang. Kontribusi Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes pada era reformasi menekankan kembali perjuangannya dalam tiga bidang yaitu Pendidikan, Dakwah/Keagamaan dan Sosial, yaitu dalam bidang pendidikan telah memberikan masyarakat tempat untuk memperoleh pendidikan yang jamin mulai dari pendidikan dini hingga menengah atas. Dalam bidang keagamaan Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes mampu mempererat tali silaturahmi antara Pengurus Perguruan Mathla’ul Anwar Pusat Menes dengan masyarakat dan menumbuhkan nilai – nilai religius, serta di bidang sosial telah memberikan rasa kepeduliaan terhadap masyarakat Menes dan sekitarnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Mathla’ul Anwar, Kontribusi, Masa Reformasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi) |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 22 Jan 2024 07:05 |
Perubahan Terakhir: | 22 Jan 2024 07:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14063 |
Actions (login required)
Lihat Item |